oleh

Kecamatan Paiker Programkan Pelepasan Bibit Ikan

REL, Empat Lawang – Bertempat di pendopoan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), pihak kecamatan menggelar pelaksanaan inovasi yang digagas oleh Camat Paiker, Noperman Subhi.

Acara yang bertemakan “Optimalisasi Program Pelepasan Bibit Ikan Oleh Pasangan Pengantin Sebagai Upaya Melestarikan Habitat Ikan Sungai dan Mewujudkan Pasemah Air Keruh Sebagai Lumbung Ikan di Kabupaten Empat Lawang” itu dibuka pangsung oleh Camat Paiker, Senin (12/4).

Dikatakan Noperman, program pelepasan bibit ikan telah berjalan dan dilaksanakan, bermula dari Desa Air Mayan dan Muara Rungga. Untuk di Air Mayan langsung dikawal oleh kepala desa langsung, sementara di Muara Rungga kepala desa bekerjasama dengan lembaga adat yang bernama Badan Rasan Muara Rungga. “Selama ini pelepasan bibit ikan oleh pemerintah dan masyarakat Paiker yang sukses dirantau merupakan hal biasa, akan tetapi masih ditemukan masyarakat yang mengambil ikan sembarang seperti dengan cara mutas (meracun) maupun di sentrum,”katanya.

Dengan pelepasan langsung dari masyarakat, khususnya yang bermukim di Paiker maka rasa tanggungjawab lebih mumpuni karena merasa ada hak untuk mengawasi dan menegur   langsung mereka yang mengambil ikan dengan cara yang tidak benar.

“Pelepasan bibit ikan oleh pengantin juga dianggap sebagai simbol kemandirani dari pasangan pengantin untuk lepas dari tanggungjawab orangtua dan mandiri mengarungi kehidupan serta kelak dapat berkembang melawan tantangan yang ada. Paiker terkenal dengan makanan khasnya berupa lemang yang dimakan dengan ikan goreng,”jelasnya lagi. (pad)

Komentar

BACA JUGA