oleh

Wow… Proyek Gedung Disdik Tembus Rp3 Miliyar

  • Baru Selesai Tahap I

REL, Empat Lawang – Proyek konstruksi pembangunan tahap I, gedung kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawamg, yang terletak di kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Landscape Km 7,5 Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo, saat ini sudah selesai dikerjakan.

“Iya benar, pembangunan tahap I atau 50 persen, gedung kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, sudah selesai. Tinggal lanjutannya 50 persen berikutnya atau tahap dua, InsyaAllah kita prioritaskan tahun depan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) proyek bangunan tersebut, Wisnu Wardhana kepada wartawandi ruang tugasnya, Senin (30/7).

Diuraikannya, pada pembangunan tahap I proyek gedung tersebut, pelaksana pekerjaan adalah CV Putra Alman dengan nomor kontrak 600/10/SPPBJ/PPK-CK/PU.PR/2018 dengan nilai Rp1.494.600.000. “Untuk pengerjaan tahap I tahun anggaran ini, versi rekanan itu sudah seratus persen. Belum kita hitung, apakah sudah seratus persen atau belum, nanti kita akan periksa terlebih dahulu,” jelas Wisnu.

Lanjutnya, pada tahun anggaran 2019 mendatang, pembangunan gedung tersebut masuk ketahap II dan harus selesai seratus pesen atau dengan kata lain siap ditempati. “Tahun anggaran 2019, nilainya InsyaAllah sama, bekisar Rp1,5 miliyar. Jadi, total anggaran untuk seratus persen gedung itu nilainya bekisar Rp3 miliyar dan sebenarnya, nilai proyek tersebut hingga seratus persen atau siap pakai, bisa lebih murah, yakni bekisar Rp2 miliyar, tapi karena lahanya yang miring, makanya nilai bangunan itu tembus Rp3 miliyar,” bebernya.

Sementara itu, Pengawas Lapangan CV Putra Alman, Ali Kasparo mengatakan, proyek pembangunan tahap I, gedung kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawamg, sudah pihaknya kerjakan sesuai jadwal. “InsyaAllah tahap satunya sudah seratus persen. Tinggal menunggu penilaian dari Dinas PU Empat Lawang,” kata dia.

Diceritakannya, cepatnya pengerjaan proyek tersebut, karena memang pihaknya menggunakan tukang yang profesional dan dapat diandalkan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. “Intinya, kita percaya tukang dan tukang kita memegang kepercayaan itu. Makanya pengerjaannya lebih cepat dari target kita,” ujarnya.

Masih kata Ali Kasparo, salah satu kendala pelaksanaan pemgerjaan bangunan tersebut, terletak pada lahan yang kemiringannya cukup menantang. Pihaknya harus melakukan penimbunan material tanah cukup banyak, agar bangunan terlihat rata.

“Sebenarnya itu bukan terlalu masalah bagi kami, karena kami memang biasa membangun gedung di lahan miring. Kalau lahannya datar, tentu kami dapat lebih cepat mengerjakannya,” jelas dia. (12)

BACA JUGA