oleh

Warga Pertanyakan Pengumpulan KK Asli

REL, EMPAT LAWANG – Warga di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, mempertanyakan maksud pengumpulan Kartu Keluarga (KK) asli yang dilakukan pihak kelurahan melalui Ketua RT/RW di seluruh kelurahan tersebut, sebab tidak tahu kejelasan maksud dan tujuan pengumpulan KK asli milik warga tersebut.

“Kalau Ketua RT bilang, pengumpulan KK asli ini untuk merobah alamat yang ada di KK yang sebelumnya beralamat Desa Lubuk Kelumpang Kecamatan Saling, menjadi Kelurahan Kelumpang Jaya Kecamatan Tebing Tinggi, makanya kami berikan,” ujar Tatang (38) salah seorang warga setempat, saat dibincangi wartawan, Minggu (13/5).

Namun belakangan warga tahu, bahwa perobahan alamat pada KK belum bisa dilakukan karena kelurahan ini baru mendapatkan kode wilayah, sementara perubahan data kependudukan belum dapat dilakukan, karena masih dalam proses di kementerian dalam negeri. “Makanya kami bingung, untuk apa KK asli kami dikumpulkan, inikan janggal dan apa maksudnya. Makanya kami minta agar KK kami ini dikembalikan, karena itu adalah hak kami,” cetusnya.

Diceritakannya, awalnya dia menolak memberikan KK asli tersebut ke Ketua RT/RW setempat. Namun karena semua orang memberikan, diapun mengaku tidak ingin disebut sebagai warga yang tidak taat, pada akhirnya juga memberikan KK milik keluarganya. “Kalau tidak salah ada lima kali Ketua RT datang ke rumah minta KK asli tersebut. Karena keseringan datang, saya juga akhirnya mengalah dan memberikan KK itu,” akunya.

Senada dengan itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Syamsu membenarkan adanya pengumpulan KK asli milik warga tersebut. Awalnya permintaan KK asli warga, kata dia, diumumkan melalui pengeras suara di Masjid setempat, namun tidak dihiraukan warga. “Akhirnya mereka (Ketua RT/RW, red) datang door to door ke rumah warga mengumpulkan KK asli,” ungkapnya.

Dia mengaku tidak tahu persis kegunaan pengumpulan KK, namun berdasarkan penjelasan pihak RT/RW, bahwa KK asli itu, akan dirobah alamatnya di Disdukcapil dari sebelumnya beralamat Desa Lubuk Kelumpang Kecamatan Saling, menjadi Kelurahan Kelumpang Jaya Kecamatan Tebing Tinggi.

“Saya sudah tanyakan ke orang Disdukcapil, kata mereka tidak ada perintah dari pihak Disdukcapil mengumpulkan KK asli milik warga itu. Kalau nanti disalahgunakan, pihak Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, tidak bertanggungjawab,” cetusnya.

Masih kata Syamsu, secara pribadi dirinya memang belum meminta kembali KK asli yang terlanjur diberikan ke Ketua RT/RW. Namun, dari informasi yang dia terima, sejumlah warga sudah mendatangi sejumlah RT/RW, untuk meminta kembali KK asli tersebut. “Namun hingga saat ini, KK asli tersebut belum dikembalikan ke warga. Menurut informasi juga, KK asli tersebut disimpan oleh pihak kelurahan di salah satu tempat, apa maksudnya saya juga tidak tahu,” terang Syamsu.

Sebelumnya,  Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Peterson Oki Bial melalui Kabid Informasi Kependudukan, Iskandar M menjelaskan, hingga saat ini belum ada perubahan status kewargaan di beberapa kelurahan yang sebelumnya belum memilki kode wilayah sendiri.

“Seperti di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, itu warganya masih beralamat Kecamatan Saling, belum berubah,” ujarnya.

Hal ini sebut Iskandar, basis data kependudukan di Kemendagri belum dilakukan perubahan, sehingga saat dilakukan pengecekan secara online, nama-nama warga yang bermukim di kelurahan itu, belum ada perubahan sama sekali. “Kalau sudah berubah, sudah pasti saya yang duluan ganti KTP, karena memang saya warga sana. Faktanya, saat saya cek, belum ada perubahan sama sekali, artinya pengurusan kode wilayah kemarin itu belum tuntas,” ungkapnya.

Pihaknya sebut Iskandar, masih menunggu penyelesaian pengurusan yang dilakukan Bagian Tapem Setda Empat Lawang dan berharap itu secepatnya diselesaikan. “Masyarakat memang sudah beberapa kali bertanya kepada saya, kapan selesainya. Bahkan ada yang menyodorkan e-KTP, minta diganti dengan alamat yang baru, tapi percuma, karena memang belum ada perubahan,” tandasnya.

Terkait adanya pengumpulan KK asli di Kelurahan Kelumpang Jaya, dirinya menjelaskan bahwa tidak ada perintah pihaknya kepada Lurah hingga ke RT/RW setempat, agar mengumpulkan KK asli.

“Karena memang belum saatnya merobah data kependudukan di kelurahan itu. Kalaupun ada perobahan, sifatnya itu tidak mengumpulkan seperti itu, kita terbitkan yang baru, setelah itu kita minta tukar yang lama dengan yang baru. Bukan dikumpulkan yang lama baru diterbitkan yang baru. Jadi, kami tidak bertanggungjawab atas KK yang dikumpulkan pihak kelurahan” tegasnya. (12).

BACA JUGA