oleh

Warga Keluhkan Baut Jembatan Multifungsi Hilang

REL, Empat Lawang – Jembatan Multifungsi  yang berada diDesa Puntang Kecamatan Sikap Dalam  Penghubung Kecamatan Sikap Dalam ke Kecamatan Pasmah Air Keruh (Paiker) yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Ulu Musi di keluhkan Masyarakat setempat.

Dari laporan masyarakat bahwa Baut baut dijembatan Multifungsi banyak yang hilang.hal tersebut dikeluhkan warga yang setiap harinya menggunakan jembatan tersebut untuk berativitas  sehari hari.

“Ya pak itu baut-baut nya banyak hilang, kalau terus di ambil besar kemungkinan bisa roboh,” ungkap warga yang tak mau di sebutkan namanya, Rabu (9/10/19).

Hilangnya baut-baut Jembatan tersebut, perlu perhatian khusus buat pemerintah daerah agar bisa menindak lanjuti,apakah ada unsur kesengajaan atau lainnya

“Kami minta tolong instansi terkait agar dapat menyelidiki dan menangkap oknum yang dengan sengaja mengambil Baut jembatan tersebut,dan agar di berikan sanksi atas perbuatan nya,” harapnya.

Salah seorang narasumber lain menyebut, hilangnya sejumlah baut pada jembatan itu, mulai tampak terlihat pasca putusnya Jembatan Ponton di Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi, akibat banjir bandang beberapa bulan lalu.

“Pasca putusnya jembatan ponton, masyarakat banyak melalui Jembatan Multi Fungsi di Desa Puntang sebagai jalur alternatif penyeberangan. Sempat terjadi kasus pemalakan di atas jembatan kemudian tidak ada lagi kasus pemalakan setelah ada tidakan tegas aparat kepada para pelaku pemalakan,” ungkapnya.

Sejak itulah, banyak terlihat baut pada jembatan itu yang hilang. Meski demikian, tidak ada bukti apakah ada hubungannya antara hilangnya baut jembatan dengan kasus pemalakan.

Selain hilangnya sejumlah baut pada jembatan yang dibangun sekitar 2013 dan selesai serta diresmikan pada 2014 tersebut, kondisi badan jembatan juga banyak terdapat coretan yang membuat jembatan terlihat kotor akibat coretan-coretan tersebut.

Sementara itu, Polisi Sektor (Polsek ) Ulu Musi Suryadi, dikonfirmasi melalui Via Whatshaap terkait keluhan masyarakat banyak nya baut jembatan kuning yang diduga di curi / hilang belum ada jawaban malahan No WA wartawan yang Kompirmasi diBlock oleh Kapolsek.

Camat Sikap Dalam Kanzuddin dikomfirmasi wartawan mengakui belum mengetahui perihal baut jembatan multi fungsi tersebut sudah hilang, namun dirinya berterima kasih telah menyampaikan informasi, dalam waktu dekat ini dirinya akan mengecek sendiri jembatan Multi Fungsi tersebut.

“Terima Kasih pak Laporannya, belum ada laporan dari kades jadi aku belum tau, besok saya akan ke jembatan untuk melihatnya langsung,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, Mursal membenarkan asanya baut Jembatan Multi Fungsi Desa Puntang Kecamatan Sikap Dalam, ada yang hilang.

“Kami mendapat laporan dari petugas kami di kecamatan prihal ada baut jembatan Desa Puntang, yang hilang,” ungkap Mursal.

Terkait adanya laporan ini, pihaknya lanjut Mursal, akan meneruskan laporan ini ke pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Empat Lawang, untuk ditindaklajuti.

“Kalau sekarang belum, namu secepatnya akan kita laporkan,” tukasnya. (Mg20).

BACA JUGA