Connect with us

Bisnis

Tuntut Keadilan, Puluhan Pedagang Datangi Kantor Pol PP

Published

on

DATANGI : Puluhan ibu-ibu pedagang kaki lima di kawasan Pulo Emass mendatangai kantor Dinas Pol PP dan Linmas meminta kepada Pol PP untuk mentertibkan pedagang yang berjualan di jembatan Pulo Emass, Rabu (11/7).

REL, Empat Lawang – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan Pulo Emass Pasar Tebing Tinggi mendatangi kantor Dinas Pol PP dan Linmas Empat Lawang, kedatangan para ibu-ibu pedagang tersebut meminta kepada Pol PP untuk mentertibkan pedagang yang berjualan di sepanjang jembagan Pulo Emass.

Karena pedagang yang berada didalam kawasan Pulo Emass merasa tidak adil. “Kami datang kesini minta keadilan kepada Pol PP, yang jualan sepakat galo jangan ada yang lagi yang di jembatan, tapi lah tigo hari ni ada pedagang jualan jembatan,” ungkap Iin salah satu pedagang ikan yang mendatangai Kantor Pol PP, Rabu (11/7).

Padahal masih kata Iin, perjanjian sewaktu dipindahkan pasar kedalam kawasan Pulo Emass semua pedagang didalam semua tidak ada , namun kenyataan sudah banyak pedagang berjualan disepanjang jembatan, jelas warga berbelanja memilih yang lebih dekat disepanjang jembatan sedangkan pedagang didalam tidak ditoleh.

“Padahal kami ini Samo be bayar karcis pulo, pedagang yang jualan disepanjang jembatan itu jam 3 subuh lah mulai jualan. Intinya kami siap be dipindahkan bahkan kami dirikan sendiri lapak dengan modal sendiri, tapi harus adil dan sepakat,” jelasnya.

Sementara itu, Marwa salah satu perwakilan yang menghadap Kepala Dinas Pol PP dan Linmas menuturkan, keluhan dari pedagang telah di respon oleh Pol PP, nanti malam Pol PP akan stand by di lokasi pasar, namun apabila tidak ada penyelesaiannya nanti pedagang akan mengadakan aksi demo ke Pemkab dan DPRD.

“Malem agek Pol PP akan distand by kelokasi, kalo gek dak selesai Kito demo ke Pemkab Samo DPRD,” katanya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Pol PP dan Linmas Chandra SH kepada wartawan membenarkan kedatangan para pedagang sendiri menuntut keadilan dan meminta untuk mentertibkan pedagang yang berjualan disepanjang jembatan Pulo Emass.

“Intinya kita siap mentertibkan apabila memang ada perintah karena kita Pol PP siap mengamankan program dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian sehingga keluhan para pedagang sebenarnya tidak serta merta ditampung karena ada leading sektor yang bersangkutan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Empat Lawang mengaku selama ini pihaknya melalui UPTD Pasar sudah menyediakan lapak baik di Pasar Musi 1 maupun Musi 2 namun anehnya masih banyak yang kosong karena pedagang bandel,  bahkan Pol PP sudah melakukan pertiban, maka sangat disayangkan jika masih ada pedagang yang tidak mengikuti ketentuan lapak pedagang.

“Pemerintah sudah menyiapkan tempat berjualan,  tapi nyatanya masih saja banyak pedagang yang bandel bahkan 60 unit lapak kosong. Biasanya itu pedagang tidaknjelas. Kadang jualan kadang juga tidak,” kata Rudianto.

Selanjutnya Rudianto menjelaskan jikalau penertiban itu bukan tugasnya melainkan tugas Pol PP Empat Lawang.  Kalau tugas dinas pasar melalui UPTD tadi sudah menyiapkan tempat namun memang kebanyakan pedagang tidak mau karena sewa berdasarkan Perda sebenarnya tidak besar,  sewa perbulan hanya Rp 170 ribu. “Tugas kita siapkan tempat,  namun ya itu tadi masih banyak yang kosong. Begitu juga dipulau emass sudah di suruh jualan tetap idak galak nurut,” pungkasnya. (12)

Bisnis

Tiket Pesawat Murah Mulai Turun 11 Juli 2019

Published

on

By

REL, Jakarta – Penurunan harga tiket pesawat untuk maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier ( LCC) yang menggunakan pesawat jet di waktu tertentu akan efektif berlaku mulai Kamis (11/7/2019).

Nantinya, penurunan harga tiket pesawat itu akan berlaku di hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada jadwal penerbangan pukul 10.00 sampai dengan 14.00 WIB.

“Kita akan mulai efektif berlakukan (peraturan) ini mulai Kamis 11 Juli 2019. Kenapa, karena sistem maskapai harus melakukan penyesuaian 2-3 hari,” ujar Sekertaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso di kantornya, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Susiwijono menambahkan, penurunan tarif ini hanya berlaku untuk maskapai Citilink dan Lion Air. Keduanya merupakan maskapai penerbangan berbiaya murah. Harga tiket pesawat di kedua maskapai tersebut di waktu yang telah ditentukan itu akan turun sebesar 50 persen dari tarif batas atas yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya.

“Kita akan memberikan penurunan tarif 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari total seat pesawat,” kata Susi.

Susi menjelaskan, untuk secara detilnya rute mana saja yang akan diturunkan harganya akan diumumkan sebelum 11 Juli 2019. “Flight ke mana saja, sebelum Kamis kita publish,” ucap dia. (rls/net)

Baca Selengkapnya

Bisnis

Musim Panen, Harga Kopi Turun

Published

on

By

TURUN : Tampka Petani desa Talang Padang Kecamatan Talang Padang tengah memanen kopi di lahannya.

REL, Empat Lawang – Berkebun kopi menjadi salah satu mata pencaharian andalan masyarakat Kabupaten Empat Lawang, dan umumnya petani kopi. Lahan perkebunan kopi ini tersebar di hampir setiap kecamatan.
Namun nasib petani kopi di Empat Lawang belum sepenuhnya membaik, karena pada saat panen kopi justru harganya turun. Seperti halnya pada musim panen kopi tahun ini, harga kopi yang sebelumnya berkisar antara Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per kilogram, memasuki musim panen harga kopi turun menjadi Rp17 ribuan.

Diperkirakan pada puncak musim panen, harga kopi bisa saja turun lagi, sebab biasanya jika barang melimpah harga menjadi turun.

Berangsur turunnya harga kopi ini, disayangkan para petani kopi di Empat Lawang, apalagi kebutuhan meningkat saat ini mendekati anak masuk sekolah tahun ajaran baru, banyak kerabat atau tetangga yang menggelar hajatan, serta kebutuhan menjelang lebaran lalu.

Sehingga kebanyakan petani kopi tidak sempat menyimpan lagi hasil panen kopi menunggu harga naik, tetapi langsung menjualnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan lainnya.

“Sekarang sedang geliatnya warga di desa menjemur kopi, namun yang sangat disayngkan adalah harga jualnya murah kisaran Rp 17 Ribu,” ujar Ali Murtopo Kepala Desa Talang Padang Kecamatan Talang Padang.

Bahkan lanjut Kades, bukan hanya harga jual yang murah melainkan panen kopi tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

“Panen tahun turun bukan cuma harga murah,” ucap Kades.

Tentu saja masih dikatakan Kades, kondisi seperti dialami oleh para petani kopi yang di desa bahkan diseluruh Kabupaten Empat Lawang, kopi sudah kering bagi para petani langsung dijual karena kebutuhan.

“Harga jatuh dan hasil panen turun jelas meajdi obrolan par apetani kopi ditambahkan kebutuhan anak sekolah dan lain-lain membuat para petani usai kering kopi langsung dijual,” pungkasnya. (12).

Baca Selengkapnya

Bisnis

Lebaran, ATM Siaga 24 Jam

Published

on

By

Nurfarida Pemimpin BSB cabang Tebing Tinggi

REL, Tebing Tinggi – Untuk tetap memberikan pelayanan selama lebaran, Bank Sumsel Babel (BSB) cabang Tebing Tinggi akan menerapkan sistem piket petugas guna memantau kondisi ATM selama 24 jam penuh.

Nurfarida selaku Pemimpin BSB cabang Tebing Tinggi melalui Hesti Nofrianti selaku PLT PPUT (Penyelia Pelayanan Uang Tunai) mengatakan ATM BSB yang ada di Empat Lawang tidak akan kosong.

“Selama lebaran ATM BSB akan terus full. Tidak akan kosong. Jadi nasabah bisa leluasa untuk bertransaksi melalui ATM,” ucapnya, Kamis (30/5/2019).

Selain itu Hesti menambahkan kesiapan perusahaan tak hanya memastikan infrastruktur jaringan melainkan dari sisi sumber daya manusia (SDM), di mana Bank Sumsel Babel menyiapkan petugas piket selama libur lebaran.

“Masyarakat bisa leluasa untuk melakukan transaksi via ATM dikarenakan petugas kami selalu siap siaga 24 jam mengawal ATM,” kata Hesti.

Senada dengan itu, Lisda Lia selaku Asisten Umum Akuntansi mengatakan untuk ATM BSB yang ada di Kabupaten Empat Lawang berjumlah 7 ATM.

“Kalau ATM BSB cabang Tebing Tinggi berjumlah 4 ATM yakni di Pemda 1 ATM, di Pasar 1 ATM, dan di kantor BSB ada 2 ATM. Lalu untuk ATM yang ada di kantor BSB cabang Pendopo ada 1 ATM, di Pasar Pendopo ada 1 ATM, dan di Ulu Musi ada 1 ATM,” tukas Lisda. (Mg15)

Baca Selengkapnya

Trending

Graha Rakyat Empat Lawang Jl. Lintas Sumatera Talang Banyu Tebing Tinggi Empat Lawang Sumatera Selatan Telp : 0702 7320044 Fex 0702 7320044