oleh

ASN Wajib Naik LRT, Card Akan Disubsidi

REL, Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kedepan mewacanakan akan mensubsidi card atau kartu untuk naik Light Rail Transit (LRT), selain itu juga akan mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumsel untuk naik kereta pertama kali di Indonesia tersebut, pada hari tertentu.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, terkait banyaknya keluhan dari masyarakat khususnya keberatan untuk membeli card atau kartu sebesar Rp25 ribu, maka pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan pihak terkait dalam hal ini PT KAI, beberapa Bank, sehingga khusus untuk kartu tersebut akan disubsidi sehingga kalau bisa tidak dengan harga saat ini.

“Ya, kita saat ini sedang mengadakan pembicaraan dengan pihak terkait agar kartu untuk naik LRT itu lebih murah dari yang sekarang, saya berharap kepada masyarakat agar bersabar,” katanya, saat dibincangi di kantor gubernur belum lama ini.

Menurut Herman Deru, mengenai transportasi massal LRT ini Sumsel harusnya bersyukur karena dipercaya pemerintah pusat untuk mengelolanya. Terlebih transportasi ini sangat modern, nyaman dan merupakan sarana yang efektif mengurai kemacetan

“Kalau bicara soal subsidi saya pikir ini memang tetap harus diberikan pusat dan provinsi. Subsidi itu banyak bentuknya bisa fasilitas kantong parkir yang ditambah, atau penyediaan card khusus secara massal itu juga subsidi,” ujarnya.

Selain memberikan subsidi, ia juga meminta semua pihak bersama-sama melakukan edukasi kepada masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan LRT.

“Edukasi yang bisa diterapkan misalnya mengimbau para ASN menggunakan LRT ini pada hari-hari tertentu,” pungkasnya. (reles)

BACA JUGA