oleh

Tingkatkan Penghasilan Warga, Bangun Gedung BUMDes

REL, Empat Lawang – Kepala Desa Gunung Meraksa Baru Amrullah Kahmi Kecamatan Pendopo melaksanakan pembangunan Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan menggunakan Dana Desa yang telah terealisasi di RKPDes tahun 2018 sesuai dengan komitmen di inovasi bursa desa, Rabu (05/12/18).

Dikatakan Amrullah Kahmi, pembangunan Gedung BUMDes untuk mensejaterahkan warga untuk menyampaikan aspirasi usulan warga.

“Ya BUMDes menjadi salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di perdesaan, BUMDes menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial,” ungkapnya.

Disisi lain Lanjut Amrullah Kahmi, BUMDes setidaknya menjadi lembaga komersil yang membuka ruang lebih luas kepada masyarakat desa untuk meningkatkan penghasilan, tetapi juga menyumbang penyerapan tenaga kerja.

“Banyak pemuda potensial di desa yang akhirnya bisa mendapatkan perkejaan dengan adanya BUMDes, ini tentu secara tidak langsung akan mengurangi proses urbanisasi yang selama ini seakan menjadi tren masyarakat di desa-desa,” katanya.

Sementara itu ditambahkan, Jhon (53) warga setempat mengatakan, pembangunan Gedung BUMDes berfungsi untuk menyamapaikan keluhan dan aspirasi warga.

“Dengan adanya Gedung BUMDes ini, kami warga yang belum mendapatkan pekerjaan bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan,” tuturnya. (mg20).

BACA JUGA