oleh

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Genjot Bimbingan Akreditasi

REL, Empat Lawang – Setelah tahun lalu dinyatakan terakreditasi perdana, RSUD Tebing Tinggi terus melakukan bimbingan Akreditasi sebagai syarat lanjutan untuk mendapatkan akreditasi.

Direktur RSUD Tebing Tinggi, dr Devi Andrianty menjelaskan selain bimbingan akreditasi, pihaknya juga menyiapkan kelompok kerja(Pokja) untuk menghadapi verifikasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit(KARS) pada Desember 2018 mendatang.

“Survei verifikasi tahap I dengan menggunakan versi SNARS edisi 1 pada bulan Desember tahun 2018 ini akan diverifikasi, Oleh sebab itu kegiatan bimbingan dari KARS yang diikuti oleh semua karyawan rumah sakit ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Tim Pokja Akreditasi RSUD Tebing Tinggi pada khususnya, dan semua karyawan RSUD Tebing Tinggi pada umumnya dalam mempersiapkan diri,” terangnya kepada wartawan.

RSUD sendiri mendaulat perwakilan dari KARS, dr Triwahyu kusumawati sebagai orang yang paham tentang akreditasi. “Kgiatan bimbingan ini diadakan juga untuk peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan untuk pendampingan Tim Pokja Akreditasi RSUD Tebing Tinggi dalam menghadapi survei verifikasi pada bulan Desember tahun 2018 dan survei penilaian akreditasi pada tahun 2020,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada Desember 2017 lalu, RSUD Tebing Tinggi telah mengikuti proses akreditasi dan dinyatakan lulus tingkat perdana. Rumah sakit yang sudah terakreditasi harus bersedia untuk dilakukan verifikasi tepat waktu atau sesuai dengan jadwal sebanyak dua kali yaitu satu tahun setelah survei (verifikasi tahap I) dan dua tahun setelah survei (verifikasi tahap II).

Devi menambahkan, Dalam kegiatan bimbingan selama tiga hari ini, narasumber memberikan materi pokja yang berfokus pada bidang manajemen, yang meliputi pokja PKPO (Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat ), pokja KKS (Kompetensi & Kewenangan Staf), pokja PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien), pokja TKRS (Tata Kelola Rumah Sakit) dan pokja MFK (Manajemen Fasilitas dan Keselamatan).

“Dalam kegiatan bimbingan ini dr. Tri Wahyu Kusumawati, MARS sebagai narasumber memberikan bimbingan mengenai instrumen survei penilaian masing masing pokja serta melakukan telusur kesetiap ruangan setiap hari selama bimbingan berlangsung. Dengan demikian diharapkan bimbingan ini dapat meningkatkan pemahaman Tim Pokja Akreditasi dan dapat memenuhi semua elemen penilaian sesuai standar penilaian akreditasi sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit,” pungkasnya. (14)

 

BACA JUGA