oleh

Tingkatkan Kapasitas UMKM Melalui BDS

REL, Empat Lawang – KPP Pratama Lahat & AMP KP2KP Tebing Tinggi menggelar BDS bertemakan UMKM Naik Kelas, yang bertempat di Hotel Kito,Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Kamis (10/10).

Acara tersebut bekerjasama langsung dengan Rumah Kreatif BUMN Empat Lawang (RKB-BRI), dan diikuti oleh 40 pelaku UMKM se-Kabupaten Empat Lawang.

Dalam acara tersebut, dilakukan pelatihan digital marketing  dengan menghadirkan narasumber Rahmad Priadi, Penggerak Pelapak dari Bukalapak.

Sementara narasumber dari Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Fadul, menyampaikan pentingnya pelaku usaha untuk melakukan pencatatan atas transaksi kegiatan usahanya.

“Sehingga nantinya para pelaku usaha tersebut mengetahui apakah kegiatannya menghasilkan keuntungan atau menderita kerugian. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kategori usaha yang secara kuantitas mendominasi perekonomian Indonesia. Sejak tahun 2015, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak menjalankan program Business Development Services (BDS) dengan memberikan pelatihan dan bimbingan yang bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia” ungkap Fadul dalam paparannya.

Kepala KPP Pratama Lahat, Moersalin Ananda Putra, mengatakan, KPP Pratama Lahat telah melaksanakan program tersebut di wilayah kerja yang meliputi Kabupaten Lahat, Kota Pagar Alam, dan Kabupaten Empat Lawang.

“Bekerjasama dengan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI, telah dilakukan BDS di Kota Pagar Alam dan yang terbaru ini dilaksanakan di Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang dengan menggandeng Bukalapak sebagai perusahaan e-commerce/online marketplace di Indonesia sebagai narasumber pelatihan. Sampai saat ini, total UMKM yang masuk dalam program pembinaan melalui program BDS, semakin bertambah,” ungkapnya.

Moersalin juga mengatakan keterkaitan akan tujuannya dari pada BDS ini sendiri adalah meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement) dan kepatuhan (compliance) terhadap pajak.

“Program ini merupakan salah satu upaya mengenalkan kepada masyarakat dan pelaku UMKM bahwa DJP memiliki kepedulian dalam hal pembinaan dan pengawasan terhadap UMKM agar semakin tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala KP2KP Tebing Tinggi, Agus Atiq, menyatakan program BDS ini akan dilakukan berkesinambungan, tentunya dengan pelatihan yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UMKM.

” Saat ini DJP dan Business Development Services (BDS) sudah menjadi program unggulan penyuluhan DJP dengan manajemen dan administrasi perencanaan serta pelaksanaan yang distandarkan serta dibuat pelaporan secara periodik, sehingga diharapkan kerja sama yang sudah terjalin dengan RKB BRI Empat Lawang, semoga semakin kuat, dan bisa bersinergi dengan dinas terkait di Pemkab Empat Lawang,” pungkasnya. (Mg15)

BACA JUGA