oleh

Tim dari Mabes AD Cek dan Belanja Masalah Sergab Petani

REL, Lahat – Petugas Upsus Swasembada Pangan Tim Serapan Gabah (Sergab) Mabes TNI AD melakukan pengecekan serapan gabah di tingkat petani ke Bulog. Selain pengecekan serapan juga gudang Bulog l. Dan belanja masalah terkait kendala dan permasalahan serapan di tengkat petani. Salah satunya ke Sub Divre Bulog Lahat.

Kepala Dinas Pertanian Lahat Agustia Budiman melalui Kabid Tanaman Pangan Firdaus Sp. Bahwa untuk serapan gabah dari petani ke Lahat tak begitu besar hanya 2 ton. Lantaran beragam faktor.

Diantaranya belum panen raya, harga pokok penjualan (HPP) dan lainnya. HPP dari Bulog untuk beras medium hanya Rp 8030. Sementara jual keluar petani bisa mencapai Rp9000. Untuk premium bahkan bisa menjual dari Rp9000- Rp11000. “Selain untuk konsumsi petani di Lahat menjualnya ke Palembang, Bengkulu hingga Jambi,” ujar Firdaus, Rabu (13/2).

Sementara untuk konsumsi beras di Lahat tidak kekurangan. Realisasi dan produksi periode Januari- Maret luas panen 14149 ha. Atau sekitar 70ribu ton lebih gabah. Dan dikonversikan ke beras sekitar 50ribuan ton.

Tim Sergab Mabes AD datang melakukan pengecekan Selasa (12/2) ke Gudang Bulog Sub Divre Lahat. Yakni Kol Inf Catur Putra Gunadi selaku koordinator tim. Dan dua anggota tim Kol Inf Dennny Marthen serta Kol Inf Sumirating Baskora didampingi Kodim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi. (gti)

BACA JUGA