oleh

Tidak Ada Jembatan, Petani Lewat Sungai

REL, Lubuklinggau-Sejumlah warga yang bertempat tinggal dan bercocok tanam di kawasan kaki Bukit Sulap Kelurahan Ulak Lebar Kecamatan Lubuklinggau Barat II, telah puluhan tahun belum merasakan sentuhan pembangunan oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Pasalnya, akses menuju perkebunan warga tersebut yang melintasi Sektor III Situs Makam Batu Betunas dan melewati Sungai Ketue ini hingga kini belum memiliki jembatan penyeberangan.

Effendi (29) salah seorang warga yang memiliki kebun cokelat dan buah durian ini, menuturkan bahwa dirinya bersama warga lainnya sudah puluhan tahun menyeburkan diri ke Sungai Ketue saat akan menuju kebun mereka dan begitu juga sebaliknya.

“Mau tak mau kami nyebur ke kali (sungai-red) lantaran tidak ada akses jembatan. Namun, terkadang ketika hujan tiba dan kondisi air pasang, kamj tidak bisa melaluinya takut terbawa arus. Sementara hasil kebun kami tertunda untuk dijual,”tutur Pria bertubuh tambun ini.

Kami sudah beberapa kali, lanjut Effendi mengusulkan untuk membangun jembatan penyeberangan, namun hingga saat ini belum terealisasi. Padahal jika akses menuju kebun mereka sudah tersedia minimal bisa dilalui kendaraan roda dua saja, maka aktifitas perekonomian warga dapat berjalan dengan baik.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kota Lubuklinggau, Wakil Rakyat yang sedang duduk di Parlemen terkhusus Daerah Pemilihan (Dapil) Barat I dan II, maupun Instansi terkait agar segera merespon bahkan merealisasikan aspirasi masyarakat terkait pembangunan jembatan penyeberangan tersebut.

“Kalau pun pada akhirnya Pemerintah tak mampu menyanggupi secara penuh, harapan terakhir kami cukup bantu saja dalam pengadaan kawat seling dan besi penyanggah. Sementara untuk lantai dan pengerjaannya biarkan kami kerjakan secara gotong royong,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kota Lubuklinggau, Raden Syalendra saat diminta keterangan melalui via telepon pribadinya menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik adanya aspirasi masyarakat yang disampaikan warga Ulak Lebar agar akses menuju kebun mereka dibangun jembatan gantung.

“Aspirasi ini akan kita perjuangkan disetiap rapat Dewan dan akan berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam hal ini Dinas PU Kota,”janjinya.

Politisi Muda Partai PKB ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengecek lokasi guna mengetahui secara pasti lokasi tersebut, apakah bermasalah atau tidak untuk dibangun jembatan.

“Kita cek dulu dan mencari titik yang pas terlebih dahulu,”pungkasnya.,”pungkasnya. (mg09)

BACA JUGA