oleh

Tertutup Longsor, Akses Jalan Provinsi Sempat Terhenti Dua Jam

REL, Empat Lawang – Hujan deras yang melanda diwilayah Kecamatan Talang Padang ternyata berdampak terjadinya longsor sehingga membuat akses jalan Provinsi Tebing Tinggi – Pendopo sempat terhenti dan menimbulkan kemacetan panjang.
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sekitar pukul 09.00 Wib pagi, Kamis (21/2) tepatnya di Desa Kemahang Baru longsor menutupi akses jalan Provinsi Tebing Tinggi-Pendopo lebih tepatnya masuk dalam wilayah Kecamatan Talang Padang.
Sebelum terjadi longsor memang Talang Padang tengah dilanda hujan deras, jadi dianggap oleh warga sekitar wajar saja terjadi longsor yang menutupi jalan bahkan batu besar dari didinding bukit menutupi jalan.
Akibatnya kejadiannya tersebut akses transportasi sempat terhenti dan terjadi kemacetan panjang.
Camat Talang Padang Syafei Marzuki saat dihubungi wartawan membenarkan ada longsor bahkan dirinya sendiri sudah langsung kelokasi sebelum berangkat ke Kecamatan Sikap Dalam untuk menghadiri Kungker Gubernur Sumsel.
“Pagi itu memang hujan deras di Talang Padang, sekarang ini akses sudah bisa dilewati kendaraan,” ujar Camat.
Masih dikatakan Camat, sempat dua jam akses transportasi terhenti karena memang diakui tidak bisa lewat sama sekali sehingga warga sekitar bergotong royong membersihkan dan mengalihkan batu besar supaya akses jalan kembali berjalan lancar dan normal.
“Akibat kejadian tanah longsor tersebut mengakibatkan batu besar menghalangi jalan sehingga terjadi kemacetan panjang kendaraan dari Desa Kemahang Lama dan Desa Kemahang Baru,” ungkap Syafei.
Namun ia mengharapkan Pemerintah Kabupaten untuk membawa alat berat membersihkan longsor karena warga gotong royong mengalihkan batu besar dengan peralatan seadanya.
“Kita berharap alat berat diturunkan kelokasi longsor,” ucapnya.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang M Taufik saat dikonfirmasi membenarkan ada kejadian longsor di wilayah Talang Padang, kebetulan tadi rombongan dari Pemerintah lewat hendak ke Kecamatan Sikap Dalam dan Paiker menghadiri Kungker Gubernur dan warga bergotong royong.
“Untuk alat berat akan dikirim untuk membersihkan longsor,” kata Taufik. (12).

BACA JUGA