oleh

Ternyata, Masih 15 Ha Ganja Tumbuh Subur

REL, Empat Lawang – Ladang ganja diperkirakan masih banyak tumbuh subur di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Padahal di 2017 sudah beberapa ladang yang diungkap aparat Badan Narkotika Nasional (BNNK), Polres Empat Lawang dan TNI.

Hal ini diungkapkan Kepala BNNK Empat Lawang, AKBP H Amancik Marzuki, dijelaskannya dari informasi yang didapat BNNK masih ada sekitar 15 ha ladang tersebar di

wilayah Empat Lawang yang berslogan Bumi “Saling Keruani Sangi Kerawati” tersebut.

“Informasi yang masuk ke kami masih ada sekitar 15 hektar lagi. Lokasinya berbeda-beda dan kebanyakan berada di perbukitan. Karena tanaman tersebut tumbuh subur di daerah perbukitan atau dataran tinggi,” jelas Amancik, Rabu (3/2).

Pihaknya akan terus mengungkap ladang ganja di wilayah Empat Lawang dan ia mengharapkan masyarakat untuk tidak mencoba bercocok tanam ganja dikarenakan hukuman penjara yang diterima bisa mencapai 15 tahun ke atas.

Sebelumnya, Amancik Marzuki menyebut, sepanjang tahun 2017 setidaknya ada 30 orang yang terlibat kasus penyalah gunaan narkoba. 15 diantaranya hasil tangkapan pihaknya, sisanya dari hasil serah dari Polres Empat Lawang dan Polres Lahat dan masyarakat.

“30 orang tersebut dilakukan rehabilitasi, baik di BNN sendiri maupun di Lido Bogor atau di Kalianda Lampung Selatan, Lampung. Kalau di kita itu rehab jalan karena tidak terlalu parah, kalau yang parah kita kirim ke Lido Bogor itu ada 4 orang, dan yang di Kalianda itu ada 5 orang,” jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk pengguna yang sifatnya masih coba-coba, dan saat dilakukan tes urine positif. Maka itu cukup mengikuti rehab jalan di BNN Empat Lawang saja.

“Kalau sifatnya masih coba-coba dan hasil tesnya positif itu rehap jalan disini. Dan mereka semua masih dalam pengawasan kita,” ujarnya. (13)

BACA JUGA