oleh

Terjunkan 690 Ekor Anjing Basmi Hama Babi

REL, Empat Lawang – Perburuan terhadap hama Babi, kembali dilakukan oleh Persatuan Olaharaga Berburu Babi (Porbi) Kabupaten Empat Lawang, Minggu (6/10). Kali ini, perburuan terhadap hama yang sering meresahkan petani ini, dipusatkan di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker).

Ketua Porbi Empat Lawang, Zulpani mengatakan, perburuan hama babi kali ini melibatkan kurang lebih seluruh anggota Porbi yang di Empat Lawang, termasuk daerah tetangga dari Pagaralam dan Lahat dan Kecamatan Jarai.

“Bahkan dari Kabupaten Kepahiang dan Curup ikut hadir terdiri dari 400 orang dan 690 anjing diturunkan,” ungkapnya.

Sedikitnya puluhan ekor babi berhasil ditangkap, dengan dibantu puluhan ekor anjing yang sudah terlatih untuk berburu hama babi. “Puluhan Ekor babi yang kita amankan dibantu dengan anggota Porbi dari Kecamatan lain,” lanjut Pani.

Dikatakannya, Porbi Empat Lawang selalu siap dalam upaya memberantas hama babi, sebagai salah satu cara membantu petani yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Sebab, hama babi sangat meresahkan petani. “Secara rutin dan berkala, kami dari Porbi Empat Lawang selalu siap membantu petani. Dalam hal ini, memburu babi yang sering merusak tanaman dan ladang petani,” imbuhnya.

Sementara Ali Usman, salah satu warga Paiker mengatakan, sangat terbantu dengan adanya program berburu hama babi dari Porbi Empat Lawang. Menurutnya, para petani terkadang kesulitan untuk memberantas hama babo dimaksud. “Mudah-mudahan program seperti ini bisa berlangsung secara continue, terus terang kami sangat terbantu,” ujarnya. (12)

BACA JUGA