oleh

Tercatat Sembilan Warga Terjangkit DBD

REL, Empat Lawang – Bukan hanya terjadi didaerah lain saja penyakit wabah Demam berdarah atau DBD, ternyata di Kabupaten Empat Lawang juga terdata sembilan orang warga yang terjangkit penyakit tersebut.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mencatat sebanyak sembilan warga yang terdiri dari tiga kecamatan yakni Tebing Tinggi, Saling dan Talang Padang.

“Tercatat dari Januari sampai dengan saat ini ada sembilan warga terserang DBD, paling banyak didapati dari Kecamatan Tebing Tinggi sedangkan untuk Talang Padang dan Saling masing-masing satu orang,” ungkap Direktur RSUD Empat Lawang dr Devy Arianti melalui Kabid Rekam Medik dan Perencanaan Joko Prayitno kepada wartawan di ruangannya, Selasa (12/2).

Masih dikatakan Joko, berdasarkan data dari petugas semua pasien yang terkena DBD semuanya dirawat dan ditangani oleh RSUD Empat Lawang, sebanyak delapan orang yang dirawat dan semuanya sembuh sedangkan satu orang tercatat pulang paksa dikarena belum sembuh total namun sudah paksa pulang.

“Dari sembilan orang warga terkena DBD semuanya kita tangani dan satu orang pulang paksa yang artinya belum sembuh namun sudah memaksakan diri untuk pulang,” jelas Joko.

Kendati demikian ditambahkan Joko, penyakit DBD ini bisa timbul tentu saja disebabkan dari cuaca dan kesehatan lingkungan (Kesling) yang paling utama ialah Kesling karena lingkungan juga ikut menunjang untuk kesehatan.

“Faktor terjadinya DBD ada dua yakni faktor Cuaca dan Kesling,” tambahnya. (12).

 

BACA JUGA