oleh

Tatap Muka 2021 Dikembalikan ke Sekolah Masing-Masing

Tatap Muka 2021 Dikembalikan ke Sekolah masing-masing

REL, Empat Lawang – Sekolah tatap muka bagi SD, SMP dan SMA yang direncanakan berlaku pada awal Januari 2021, kini harus ditunda oleh pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Hal itu dikarenakan penyebaran Virus Corona yang dirasa tidak stabil bahkan mengalami kenaikan signifikan, sehingga wilayah kota Palembang kembali masuk ke zona merah.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur berkenaan dengan penundaan sekolah tatap muka di tahun 2021.

Dilansir dari beberapa media online, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Pahlevi mengatakan keputusan membuka sekolah tatap muka diserahkan ke pemerintah kabupaten kota masing-masing, dengan telebih dahulu meminta persetujuan orang tua wali siswa.

Orang tua harus membuat keterangan tertulis jika menyetujui belajar tatap muka yang kemudian sekolah membuat surat izin ke satgas penanganan Covid-19 setempat agar segera diverifikasi terkait protokol kesehatan.

Merujuk pada Surat Edaran tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan sudah menerima Surat Edaran dan akan mengikuti instruksi dari Pemrov.

“Ya, Surat Edarannya kita sudan dapat. Namun dalam hal ini untuk tatap muka atau tidaknya kita kembalikan sepenuhnya ke sekolah masing-masing,” kata Rita saat diwawancarai melalui telepon, Senin (21/12).

Rita menambahkan, jika ada usulan dari Kepala Sekolah untuk melakukan sekolah tatap muka maka Disdikbud Kabupaten Empat tidak akan menunda pembelajaran tatap muka.

“Tentu harus pakai persetujuan wali murid dulu,” ucapnya.

Jika ke depannya, lanjut Rita, pada awal Januari 2021 banyak sekolah yang mengusulkan belajar tatap muka, maka Disdikbud Empat Lawang tidak akan melarang sekolah. Namun pertanggungjawaban sepenuhnya kembali k sekolah masing-masing.

“Sekolah harus mengutamakan protokol kesehatan seperti menyiapkan tempat-tempat cuci tangan, handsanitizer, alat suhu badan, dan masker,” ujar Rita.

Salah seorang wali murid, Elpi mengatakan alangkah baiknya apabila di tahun 2021 pembelajaran sekolah dilakukan dengan tatap muka. Elpi mengaku selama ini ia kesusahan membimbing anaknya belajar di rumah. Pembelajaran daring dianggapnya kurang efektif.

“Asalkan menerapkan Protokol kesehatan, saya setuju jikalau pembelajaran dilakukan dengan cara tatap muka,” ucap Elpi. (Mg15)

BACA JUGA