oleh

Target PTSL 2019 Mengalami Peningkatan

REL, Empat Lawang – Pemerintah menargetkan 8.500 bidang lahan di Kabupaten Empat Lawang berhasil diukur dan dari 8.500 bidang tersebut, sekitar 7 ribu-an ditargetkan berhasil disertipikatkan dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) program kerja 2019.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Empat Lawang, Maha Susiawanto melalui Kepala sub Bagian Tata Usaha (Kasub TU) Kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang, Riza Sanan Priadi mengatakan, angka target PTSL 2019 di Kabupaten Empat Lawang tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 5.500 bidang saja yang terukur dan hanya 2.600 bidang saja yang berhasil tersertipikat.

“Mengapa pada 2018 lalu kita hanya berhasil mensertipikatkan lahan hanya sebanyak 2.600 bidang saja dari yang terukur 5.500 bidang, ini karena ada beberapa kendala yang kita temui di lapangan,” ungkap Riza Sanan Priadi saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Rabu (6/2/2019).

Kendala yang dihadapi pihaknya urai dia, beberapa bidang tanah yang terukur, saat diverifikasi di lapangan ternyata berada di luar daerah. Sementara lahan yang dimaksud dikuasai oleh penggarapnya saja. “Tentu penggarap tidak mau membuat sertipikat lahan atas nama dia, karena memang hanya penggarap. Sementara untuk menerbitkan sertipikat, itu ada beberapa surat yang mesti ditandatangani oleh pemiliknya secara langsung,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa kendala lain seperti kepemilikan lahan waris yang belum dibagi ke pewaris. “Setelah kita ukur itu tidak ada masalah, namun saat hendak kita buat sertipikatnya, ternyata masih hak waris bersama dan belum dibagi. Tentu saja pensertipikatannya kita batalkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut diapun mengajak masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, agar menjadi bagian dalam pensertipikasian lahan sebanyak 8.500 bidang pada 2019 ini dalam progaram PTSL 2019. “Program ini gratis. Pemilik hanya kita minta menyiapkan persyaratan antara lain, foti copy KTP dan KK, surat tanah, surat permohonan, menyiapkan tanda batas yang sudah terpasang di lahan dan sudah ada persetujuan pemilik lahan berbatasan serta bukti setor BPHTB dan PPh termasuk SPT PBB tahun terakhir,” paparnya.

Manfaat jika lahan sudah tersertipikat, Riza kembali menjelaskan banyak manfaat jika pemilik sudah mengatongi sertipikat lahannya. Antara lain, mencegah terjadinya konflik, menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum.

“Sertipikat tanah juga dapat menjadi jaminan jika pemiliknya memerlukan tambahan modal usaha dari perbankan,” tukasnya. (12)

BACA JUGA