Connect with us

Empat Lawang

Target PTSL 2019 Mengalami Peningkatan

Published

on

REL, Empat Lawang – Pemerintah menargetkan 8.500 bidang lahan di Kabupaten Empat Lawang berhasil diukur dan dari 8.500 bidang tersebut, sekitar 7 ribu-an ditargetkan berhasil disertipikatkan dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) program kerja 2019.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Empat Lawang, Maha Susiawanto melalui Kepala sub Bagian Tata Usaha (Kasub TU) Kantor Pertanahan Kabupaten Empat Lawang, Riza Sanan Priadi mengatakan, angka target PTSL 2019 di Kabupaten Empat Lawang tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 5.500 bidang saja yang terukur dan hanya 2.600 bidang saja yang berhasil tersertipikat.

“Mengapa pada 2018 lalu kita hanya berhasil mensertipikatkan lahan hanya sebanyak 2.600 bidang saja dari yang terukur 5.500 bidang, ini karena ada beberapa kendala yang kita temui di lapangan,” ungkap Riza Sanan Priadi saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Rabu (6/2/2019).

Kendala yang dihadapi pihaknya urai dia, beberapa bidang tanah yang terukur, saat diverifikasi di lapangan ternyata berada di luar daerah. Sementara lahan yang dimaksud dikuasai oleh penggarapnya saja. “Tentu penggarap tidak mau membuat sertipikat lahan atas nama dia, karena memang hanya penggarap. Sementara untuk menerbitkan sertipikat, itu ada beberapa surat yang mesti ditandatangani oleh pemiliknya secara langsung,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa kendala lain seperti kepemilikan lahan waris yang belum dibagi ke pewaris. “Setelah kita ukur itu tidak ada masalah, namun saat hendak kita buat sertipikatnya, ternyata masih hak waris bersama dan belum dibagi. Tentu saja pensertipikatannya kita batalkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut diapun mengajak masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, agar menjadi bagian dalam pensertipikasian lahan sebanyak 8.500 bidang pada 2019 ini dalam progaram PTSL 2019. “Program ini gratis. Pemilik hanya kita minta menyiapkan persyaratan antara lain, foti copy KTP dan KK, surat tanah, surat permohonan, menyiapkan tanda batas yang sudah terpasang di lahan dan sudah ada persetujuan pemilik lahan berbatasan serta bukti setor BPHTB dan PPh termasuk SPT PBB tahun terakhir,” paparnya.

Manfaat jika lahan sudah tersertipikat, Riza kembali menjelaskan banyak manfaat jika pemilik sudah mengatongi sertipikat lahannya. Antara lain, mencegah terjadinya konflik, menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum.

“Sertipikat tanah juga dapat menjadi jaminan jika pemiliknya memerlukan tambahan modal usaha dari perbankan,” tukasnya. (12)

Empat Lawang

Besok Pengurus PWI Empat Lawang Dilantik

Published

on

Beni Syafrin

RELEmpat Lawang – Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang, akan segera dilantik.

Direncanakan pelantikan kepengurusan anggota PWI Empat Lawang yang ke Tiga (3) tersebut akan dilaksanakan besok,Rabu (24/2). Di ruang rapat Madani.

Ketua PWI Empat Lawang Beni Safrin mengatakan, pelantikan besok akan dilaksanakan sekitar jam 2 siang. Di ruang rapat Madani.

“Semuanya sudah dipersiapkan oleh Pemkab Empat Lawang tinggal kita koordinasi ulang, dengan mereka,” kata Beni saat memimpin rapat persiapan pelantikan PWI Empat Lawang, diseketariat PWI Empat Lawang, Selasa (23/2).

Sebab lanjut Beni, kondisi saat ini sedang pandemi covid-19 makanya pihaknya meminta bantuan dengan Pemkab Empat Lawang.

“Semua yang hendel mereka, untuk persiapan ruangan sejauh ini sudah pik tinggal lagi kita koordinasi lagi dengan mereka,” ujarnya.

Sementara itu penasehat PWI Empat Lawang Rody Hartono berpesan, agar tamu dari provinsi harus dilayani dengan baik, karena pelayanan itu menunjukan wajah PWI Empat Lawang.

“Kawan-kawan yang punya tugas untuk menyambut tamu ini, harus berar-banar siap, jangan sampai nama baik kita tercoreng oleh hal-hal kecil yang menurut kita sepele,” pungkasnya (Pad).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Besok Pengurus SMSI Empat Lawang Dilantik

Published

on

Arwin ZA

REL,Empat Lawang – Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI ) kabupaten Empat Lawang, akan segera dilantik.

Direncanakan pelantikan kepengurusan anggota SMSI Empat Lawang yang ke Pertama (1) tersebut akan dilaksanakan besok (Rabu,Red), Rabu (24/2). Di ruang rapat Madani.Sekira pukul 09 : 00 wib.

Ketua SMSI Empat Lawang Arwin ZA mengatakan, pelantikan besok (Rabu,Red) akan dilaksanakan sekitar jam 9 pagi. Di ruang rapat Madani.

“Semuanya sudah dipersiapkan oleh Pemkab Empat Lawang tinggal kita koordinasi ulang, dengan mereka,” kata Arwin saat memimpin rapat persiapan pelantikan SMSI Empat Lawang,Selasa (23/2).

Sebab lanjut Arwin, kondisi saat ini sedang pandemi covid-19 makanya pihaknya meminta bantuan dengan Pemkab Empat Lawang.

“Semua yang hendel mereka, untuk persiapan ruangan sejauh ini sudah fix tinggal lagi kita koordinasi lagi dengan mereka,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia SMSI Empat Lawang Ahmad Patria Arsasi mengatakan persiapan pelantikan sudah 99 persen siap.

“Ini semua berkat kerjasama semua kepengurusan SMSI Empat Lawang yang masuk dalam kepanitiaan dan pemkab Empat Lawang yang tidak henti hentinya menyuport kegiatan ini berjalan lancar,”Tuturnya.(Pad).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

SMP 1 Talang Padang Sediakan WiFi Gratis

Published

on

FOTO: ISTIMEWA LURING: Siswa sedang luring di sekolah.

SMP 1 Talang Padang Sediakan WiFi Gratis

 

REL, Empat Lawang – Dalam rangka menunjang belajar siswa di era pandemi ini, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Talang Padang menyiapkan WiFi gratis untuk dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar daring.

 

Kepala SMP N 1 Talang Padang, Efran Edi mengatakan siswa yang tidak punya paket data dan tidak ada sinyal bisa menggunakan WiFi sekolah.

 

“Kalau siswanya sedang tidak ada paket atau tak ada sinyal, siswa bisa menggunakan WiFi sekolah secara gratis,” kata Efran kepada Rakyat Empat Lawag, Selasa (23/2).

 

Ditambahkan oleh Efran, SMP N 1 Talang Padang menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berupa daring dan luring.

Sekitar 20 persen siswa luring, 20 persen siswa daring.

 

“Ya, daring luring kita terapkan semua. Bagi siswa yang tak punya handphone kita terapkan belajar luring,” ucapnya.

 

Untuk pembelajaran secara luring, lanjut Efran, sekolahnya membuat jadwal untuk tingkatan kelas secara bergiliran.

 

“Senin Selasa jadwalnya kelas 7, Rabu Kamis jadwalnya kelas 8, Jumat Sabtu jadwalnya kelas 9. Jadi siswa datang ke sekolah untuk mengambil tugas kemudian langsung pulang,” ujar Efran.

 

Efran menambahkan, tidak ada kendala dalam menerapkan belajar daring dan luring.

 

“Kalaupun ada siswa yang tidak ngumpul tugas, maka orang tuanya kita panggil. Kita tanyakan penyebab siswa tidak ngumpul tugas apa,” tuturnya.

 

Ia berharap sekolahnya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bantuan dana pembelian tablet.

 

“Ya harapannya kita bisa dapat bantuan buat beli tablet karena masih ada siswa yang tak punya handphone. Kalau kita ada tablet kan bisa digunakan oleh siswa yang tak punya handphone,” harap Efran. (Ian)

Baca Selengkapnya

Trending