Connect with us

Empat Lawang

Tampilkan Seni Budaya Leluhur

Published

on

PESERTA : Group Dikir Al Madani menampilkan karya nya di dihadapan para peserta lainnya.Rabu (10/4).

REL, Empat Lawang –Memperingati Hut Empat Lawang ke -12 Group Dikir Al Madani Desa Karang Dapo lama Kecamatan Sikap Dalam yang berjumlah 25 orang  di ketuai oleh Anton Setepen mengikuti audisi yang di selenggarakan oleh pihak kecamatan Sikap Dalam.

Yang di ikuti oleh 11 group dari masing masing Desa.acara di laksanakan di aulah kantor Camat Sikap Dalam, peserta Group menampilkan karyanya masing masing.

Audisi pun berjalan dengan lancar dengan antusias peserta  menambah suasana menjadi bergema dan ramai.

Kepala Desa Karang Dapo Lama Pausu, Berharap dengan audisi yang di selenggarakan oleh pihak kecamatan menambah semangat bagi para warga dan bisa memikat kemauan para remaja untuk memelihara seni budaya leluhur .

“Ya,Dengan harapan,  masyarakat akan memelihara dan akan memajukan kesenian daerah sesuai dengan program bupati Empat lawang,Makmur Aman Damai Agamis Nasionalis dan Indah (Madani),”Katanya Pausu Pada awak Media.

Ditambahkan Pausu,semoga kedepan nya Group Dikir Al Madani Banyak di kenal orang baik di lingkungan Kecamatan Sikap Dalam Maupun Di luar Kecamatan.

“Muda mudahan Group Dikir di Karang Dapo Lama (Al Madani ) ini banyak di kenal orang serta bisa mengharumkan nama Desa Dan kecamatan Serta Kabupaten Empat Lawang,” harapnya. (Mg20).

Empat Lawang

PAUD, Paling Cepat Masuk Sekolah di Bulan November 2020

Published

on

FOTO: ANITA/REL Mugiyono (Kabid PAUD Disdikbud Kabupaten Empat Lawang)

REL, Empat Lawang – TK/PAUD se Kabupaten Empat Lawang akan masuk sekolah pada bulan November 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid PAUD, Mugiyono mengatakan dirinya meralat pernyataan tentang PAUD yang masuk sekolah di bulan Juli ini.

“Awalnya memang saya bilang PAUD masuk di bulan Juli ini. Itu berdasarkan dari edaran Disdikbud. Tapi ternyata ada perubahan yakni PAUD se Kabupaten Empat Lawang akan masuk sekolah di bulan November 2020,” kata Mugiyono saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Mugiyono menambahkan, PAUD akan masuk sekolah dua bulan setelah SD. Sementara SD akan masuk sekolah setelah SMP dan SMA.

“Ada jarak dua bulan setelah SD masuk sekolah,” ucapnya.

Hal tersebut mengacu kepada keputusan Mendikbud, Nadiem Makarim yang membagi tahap masuk sekolah di zona hijau dengan tiga tahap sekolah dibuka: pertama, yang bisa mengikuti pembelajaran tatap muka ialah siswa jenjang SMA, SMK, MA, MAK, SMTK, SMAK,
Paket C, SMP, MTs, paket B.

Kedua, pada tahap kedua ini akan dilaksanakan dua bulan setelah tahap I yakni bagi jenjang SD, MI,
Paket A dan SLB.

Sedangkan di tahap ketiga dilaksanakan dua bulan setelah tahap II yakni bagi jenjang PAUD formal (TK, RA, TKLB) dan non formal. (Mg15)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Berikan Bantuan Sembako,Ringankan Beban Wartawan

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Bupati secara simbolis Berikan Bantuan sembako Kepada awak media yang bertugas di Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Setelah dilakukannya rapidtes ke sejumlah awak media yang bertugas di Kabupaten Empat Lawang,

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang juga memberikan bantuan kepada para awak media berupa sembako.

Bantuan sembako tersebut yakni 10 Kg beras, 2 Kg Gula, 1 Kg Gandum, Minyak Sayur 2 Liter, Mie 1 Dus serta Susu 2 Kaleng.

Bantuan itu pun langsung diberikan oleh orang nomor satu di bumi saling kruani sangi krawati,di aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, Selasa (7/7/2020).

“Dimasa Pandemi ini kita semua terdampak, termasuk wartawan, mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban para wartawan, ditengah wabah covid-19 ini,” kata H Joncik Muhammad bupati Empat Lawang.

Sementara Ketua IWO Empat Lawang Arwin ZA, mengaku sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, khususnya Bupati Empat Lawang yang sudah perhatian dan memberikan bantuan kepada Insan Pers di Kabupaten Empat Lawang.

” Dampak dari pandemi Covid-19 ini juga dirasakan oleh rekan-rekan wartawan di Empat Lawang, apalagi saat bertugas dilapangan, wartawan ini sangat rentan akan penyebarannya,” ungkapnya.

Ketua PWI Empat Lawang Rody Hartono, juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, terhadap para wartawan di Kabupaten Empat Lawang.

“Saya selaku wartawan tentunya mendukung program Pemkab, untuk mewujudkan Empat Lawang yang sehat dan terhindar dari wabah Covid-19ini,” ujarnya (Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Sambut Hut RI ,40 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka

Published

on

Caption : Tampak para Calon paskibraka yang sedang di seleksi di depan kantor dispora

REL,Empat Lawang – Menjelang pringatan Hut Republik Indonesia ke 75 tahun ( 17 Agustus 2020 ),Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Empat Lawang menseleksi perwakilan dari masing masing sekolah SMA,SMK,MAN sederajat untuk dipilih sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di tingkat kabupaten.

Dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Empat Lawang Azhari,seleksi tersebut dilaksanakan di depan kantor Dispora Empat Lawang dengan di ikuti oleh 40 orang calon dengan melibatkan tim kesehatan dan TNI .

“Iya, hari ini kita melakukan seleksi calon Paskibraka , adapun yang kita tes ialah kemampuan baris berbaris, kesehatan, tinggi badan kalau putri itu minimal 165 cm dan putra 170 cm serta berat badan ideal,”kata Azhari, Senin (6/7)

Azhari menambahkan, setelah seleksi, para calon akan segera dikarantina dan dilatih guna persiapan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 75 tahun Agustus mendatang.

“Nanti kita akan segera umumkan hasil seleksinya dan akan kita ambil sebanyak 27 orang, 14 orang diantaranya Putra dan 13 orang putri yang akan kita latih lagi,”jelasnya.

Masih dikatakan Azhari, Kabupaten Empat Lawang juga tahun ini ikut mengirimkan 3 orang Putra Putri terbaik yang berhasil masuk di daftar Paskibraka Provinsi.

“Tiga orang perwakilan yang akan menjadi pasukan Pengibar di Provinsi itu berasal dari SMA Negeri 1 , SMA Negeri 2 dan SMK Negeri 1 Tebing tinggi,mereka terpilih setelah mengikuti seleksi beberapa waktu lalu tinggal menunggu SK,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending