oleh

Tahun Ini, DAK 2021 Tidak Lagi Swakelola

REL, Empat Lawang – Dilansir dari beberapa media online, bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memutuskan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak lagi dengan cara swakelolah. DAK pada tahun 2021 pelaksanaanya dengan cara melibatkan pihak ketika, melalui seleksi atau lelang.

Ia mengatakan, selama ini sistem swakelola membuat para kepala sekolah kewalahan dan menjadi tidak fokus pada pembelajaran di sekolahnya masing-masing. “Kepala sekolah harus fokus pada proses pembelajaran dan tidak pada kegiatan rehabilitasi dan pembangunan prasarana,” jelas Nadiem.

Berhubungan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid SD, Yulian Septa Pratama mengatakan total DAK tahun 2021 untuk tingkat SD dan SMP senilai kisaran Rp 37 Milyar.

Yulian menambahkan khusus untuk tingkat SD ada 76 sekolah di Empat Lawang yang menerima DAK dengan rincian DAK Fisik Rp 21.924.257.000, DAK penunjang Rp 1.154.165.00.  “Jadi untuk DAK 2021 tingkat SD totalnya 23.078.423.000. Sisanya ialah adalah DAK SMP,” jelas Yulian.

Di tempat sama, Zuhdi selaku Kasi bidang SMP menjelaskan untuk di tingkat SMP ada 12 sekolah yang menerima DAK. “Di 10 kecamatan ada sekolah yang menerima DAK,” ujar Zuhdi.

Agar pelaksanaan DAK aman dan terkendali, Dikbud Empat Lawang menjalin MoU bersama Kejari Empat Lawng, yang mana Kejari juga melakukan MoU dengan 15 OPD lainnya di lingkup Pemkab Empat Lawang. Terpisah, Kepala Dikbud Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan dengan adanya MoU tersebut diharapkan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Dikbud bisa lebih terarah dan aman. “Ya harapannya kegiatan yang dilakukan oleh Dikbud setelah MoU ini bisa berjalan aman dan tidak ada penyimpangan,” ucap Rita.

Komentar

BACA JUGA