oleh

TA-PM Apresiasi Pendirian Bumdesa

REL,  Empat Lawang – Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat desa (TA-PM) Empat Lawang memberikan apresiasi dan penghargaan yang positif bagi pemerintah desa yang kreatif mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa).

“Kita apresiasi positif bagi pemerintah desa yang kreatif dan inovatif mendirikan Bumdesa sesuai dengan potensi masing-masing desa,”ungkap TA PM Empat Lawang M Sirajuddin didampingi rekannya Bembi Saputra, Selasa (6/3).

Seperti akhir tahun 2017 yang lalu, terang Sirajuddin, pihaknya memfasilitasi pertemuan Musyawarah Antar Desa (MAD) ke II pendirian Bumdesa Bersama di kecamatan Sikap Dalam dengan nama SIDA PERMATA persisnya 20 November 2017 lalu di kantor camat setempat. “Bumdesa Bersama Sikap Dalam telah didirikan bernama SIDA Permata, “ungkap Sirajuddin.

Mantan anggota DPRD OI ini menambahkan,  pada pertemuan itu  tentunya dihadiri pihak kecamatan  kemudian dihadiri para kepala desa di kecamatan Sikap Dalam beserta perangkatnya,  dan juga perwakilan pendamping desa. Dengan menghasilkan beberapa Bumdesa yang fokus pada usaha untuk kepentingan masyarakat desa. Diantaranya usaha pengolahan produk unggulan kopi, lalu usaha pengelolaan pasar kawasan, serta usaha mini market kecamatan Sikap Dalam.

“Ada tiga jenis usaha yang disepakati pada MAD itu,  dan ini akan terus dibina hingga perkembangan dimasa depannya,”imbuh Sirajuddin.

Lebih jauh Sirajuddin menghimbau untuk pemerintah desa di kecamatan lainnya dapat berkontribusi dan berlomba-lomba meningkatkan daya saing usaha guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa itu sendiri. Dan tentunya sesuai dengan potensi masing-masing desa.

“TA PM pun siap mendampingi bagi pemerintah desa untuk pendirian Bumdesa se Empat Lawang, namun harus dijadwalkan secara bergiliran se Empat Lawang, “pungkasnya. (11)

BACA JUGA