oleh

Susun Program, Forum Anak Datangi Kantor DPMDP3A

REL, Empat Lawang — Forum Anak Kabupaten Empat Lawang yang beberapa pekan lalu telah dilantik kini mulai melakukna konsultasi dan berkoodinasi dengan bidang perlindungan Anak (PA) di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang.

Kepala DPMDP3A Empat Lawang Agus Basuki melalui Kabid Perlidungan Anak Suhaidah kepada wartawan mengatakan, pengurus forum anak mendatangi kantor untuk berkoodinasi terkait program-program kerja Forum Anak kedepannya.

“Pengurus forum anak ini terdiri dari siswa disekolah, tentu saja kita sambut positif datangi pengurus forum anak ke kantor ini untuk berkoordinasi,” ujar Suhaidah.

Memang lanjut Suhaidah, sudah disampaikan kepada pengurus forum anak tentang program-program kedepan. Kendati demikian, pihaknya juga meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk dilibatkan pengurus forum anak dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang).

“Kemarin kita sampiakan kepada Bappeda untuk diikut sertkan forum anak dalam Musrenbang,” katanya.
Tentu saja Suhaidah berharap Forum anak bisa dilibatkan Musrenbang karena anak merupakan masa depan bangsa dan penerus generasi. “Saya harap bisa Bappeda melibatkan forum anak,” lanjutnya.

Menurut Suhaidah, forum anak merupakan Wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi suara anak, yang di kelola oleh anak-anak berusia belum 18 tahun, bekerjasama dengan pemerintah, dan berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah.

“Itulah kenapa saya ingin melibatkan anak dalam Musrenbang karena anak punya peran dalam pembangunan daerah,” pungkasnya. (12).

BACA JUGA