Connect with us

Empat Lawang

SMPN 6 Tebing Tinggi Tes Akademik Siswa Baru

Published

on

TES : Tampak salah seorang calon siswa baru sedang mengikuti tes akademik dengan salah seorang siswa baru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi, Senin (10/6).

REL, Tebing Tinggi – SMP Negeri 6 Tebing Tinggi menyelenggarakan tes akademik kepada calon siswa tahun pelajaran 2019-2020 hari Senin 10 Juni 2019. Penyelenggaraan tes tersebut dilaksanakan secara lisan.

Kepala SMP Negeri 6 Tebing Tinggi, Sri Yanti, S.Pd, mengatakan, pelaksanaan tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan saat para calon siswa baru mendaftarkan diri dengan beberapa berkas persyaratan.

“Jadi mulai hari ini kita melaksanakan PPDB, untuk hari pertama ini sudah ada 14 calon siswa baru yang mendaftarkan diri 13 calon peserta dari SDN 19 Tebing Tinggi dan 1 siswa dari daerah Bengkulu”ujarnya, Senin (10/6).

Sambungnya, pada penerimaan PPDB ini para calon siswa baru langsung mengikuti tes akademik secara lisan dengan tiga mata pelajaran.

“Para calon siswa baru ini kita tes dengan tiga tahapan, mulai dari tes Bahasa Indonesia, Matematika dan juga tes mengaji,”ungkapnya pada Warta REL.

Sri menambahkan, kegiataan PPDB ini akan dilaksnakan sampai beberapa hari kedepan, karena masih ada 4 sekolah lagi yang akan mengikuti.

“Tes PPDB ini kita lakukan selama 3 hari, besok dan lusa masih ada jadwal beberapa sekolah lagi yang mengikuti PPDB ini,”pungkasnya.(15)

Empat Lawang

Ternyata, Layanan Uji Kir Sudah Lama Ditutup

Published

on

By

HANCUR : Gedung Balai Uji Kendaraan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang, hancur karena sudah tidak lagi terawat, Rabu (26/6/2019).

REL, Empat Lawang – Sejumlah sopir angkutan penumpang umum dan barang di Kabupaten Empat Lawang, mengeluhkan tidak lagi bisa melakukan uji berkala (uji kir) kendaraan di Kabupaten Empat Lawang. Pasalnya balai uji kir di kabupaten ini sudah lama ditutup alias tidak lagi beroperasi.

“Kami harus melakukan uji kir di Kabupaten Lahat. Sebab di Kabupaten Empat Lawang, Dinas Perhubungan di sini tidak lagi melayani uji kir kendaraan jenis apapun, alias tutup total,” ungkap Suma, salah seorang sopir angkutan barang antar kota antar provinsi, kepada wartawan, Rabu (26/6/2019).

Tentu saja lanjut dia, ini sangat menyulitkan para sopir khususnya di Kabupaten Empat Lawang, karena harus bolak-balik ke kabupaten tetangga hanya untuk urus uji kir. “Dulu pernah bisa kita urus uji kir di Empat Lawang, tapi sekarang sudah tidak bisa. Saya tidak tahu apa penyebabnya,” kata dia.

Menurut dia, suatu pelayanan dari bisa ke tidak bisa itu merupakan kemunduran. Padahal seyogyanya pemekaran daerah akan mempersingkat rentang kendali pelayanan ke ke masyarakat.

“Harapan kita, pelayanan uji kir dapat kembali dibuka di Empat Lawang. Sebab, disamping mempermudah masyarakat untuk urus uji kir kebdaraan, itu juga dapat menambah pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pergubungan (Kadishub) Kabupaten Empat Lawang, Rapani melalui Kasi Penguji Sarana, Solihin mengakui jika saat ini Dishub Kabupaten Empat Laawang, tidak lagi membuka layanan uji kir kendaraan. Hal ini karena Kabupaten Empat Lawang tidak memilki Balai Uji Kendaraan.

“Iya, sejak 2017 lalu layanan uji kir di Kabupaten Empat Lawang, ditutup. Itu karena kita tidak memilki gedung dan peralatan yang memadai untuk melakukan uji laik kendaraan. Sementara, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan, itu wajib ada,” kata Solihin.

Disampaikannya, jika Kabupaten Empat Lawang, andai telah memilki gedung dan peralatan yang dimaksut, juga harus dilakukan akreditasi oleh pihak kementerian, tidak bisa serta merta membuka layanan uji kir. “Semua peralatan harus diakreditasi, jika sudah bersertifikasi baru bisa kita buka layanan uji kir kembali,” terang dia.

Karena tidak memiliki Balai Uji Kendaraan itulah, pemilik kendaraan di Kabupaten Empat Lawang, kata Solihin, dipersilahkan melakukan uji kir di Kabupaten Lahat, sebagai kabupaten induk dari kabupaten ini.

“Intinya, bukan kita tidak mau membuka layananan uji kir, karena memang ada aturan yang membatasi untuk kita bisa membuka layanan uji kir itu,” tukasnya. (12)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Dua Bulan Lagi Eselon II Terisi

Published

on

By

REL, Empat Lawang – Beberapa posisi jabatan terutama esselon II di Kabupaten Empat Lawang masih belum terisi. Bupati Empat Lawang, H.Joncik Muhammad mengisyaratkan dalam dua bulan ini pengisian posisi jabatan yang kosong tersebut akan diisi.

“Pengisian jabatan yang kosong ini tentu mempertimbangkan banyak hal. Penempatan tersebut harus sesuai bidang masing-masing. Kita tentu akan penuhi jabatan esselon II, III, atau IV,” ucap Joncik sesuai melantik 225 pejabat di lingkungan Pemkab Empat Lawang Selasa lalu (26/6).

Khusus untuk esselon dua, menurutnya saat ini pejabatnya masih dipegang Pelaksana Tugas (Plt) belum definitif.
“Untuk pejabat eselon II yang definitf harus mengikuti assesment dan melalui lelang jabatan serta Baperjakat,” tegas Joncik.

Ia tidak menampik pengisian posisi jabatan ini masih belum ideal. Namun ia berharap agar para pejabat yang dilantik dapat menerjemahkan visi dan misi bupati dan wakil bupati. Terutama dapat mendukung program yang menjadi unggulan seperti menciptakan keamanan, kemakmuran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga dalam bidang keagamaan.

Bupati menyampaikan bahwa pelantikan ini adalah hal yang biasa dalam rangka peningkatan kinerja dan penyegaran, serta evaluasi di lingkungan organisasi Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Selain itu, jabatan yang diberikan pada pelantikan hari ini harus dijaga dan disyukuri sebagai amanah dari pimpinan.

“Karena dalam rangka peningkatan kinerja, kita coba untuk rolling dan juga untuk penyegaran di organisasi Pemkab Empat Lawang,” tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Pemberentasan Narkoba Harus TSM

Published

on

By

IRUP : Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menjadi Irup pada upacara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang digelar di lapangan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Empat Lawang, Rabu (26/6/2019).

REL, Empat Lawang – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang digelar di lapangan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Empat Lawang, Rabu (26/6/2019).

Upacara yang diikuti staf dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang, TNI/Polri dan perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang.

Selaku Irup pada upacara itu, Bupati Joncik membacakan amanat tertulis Wakil Presiden Republik Indonesia, HM Yusuf Kala di hadapan peserta upacara. Bupati menyampaikan jika tema nasional pada peringatan HANI 2019 ini,  Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indinesia Emas.

Peringatan HANI merupakan wujud keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap ancaman Narkoba di dunia.
“Indonesia memiliki cita cita sebagai negara dengan ekonomi terkuat kelima tahun 2045, sehingga diperlukan SDM yang unggul dan tangguh,” kata Joncik.

Ia pun berharap penanggulangan narkoba harus dilakukan secara konsisten, berkisinambungan, dan bersinergi dengan pemangku kepentingan serta masyarakat.

“Pemberantasan narkoba haruslah Terstuktur Sisitematis dan Masif (TSM) karena jaringan peredasarana narkoba luas dan perlu kerja keras dari semua elemen,” ujarnya.

Lebih lanjut diapun menyampaikan bahwa narkoba ini harus diberantas, agar tidak berdampak buruk bagi masyarakat.

“Diharap masyarakat lebih memahami tentang bahaya narkotika yang disalah gunakan. Pesan kami jika ada keluarga yang terpapar Narkoba, disampaikan kepada Polri dan BNN. Upaya pencegahan lebih dikedapankan untuk memaksimalkan Narkotika agar di tolak masyarakat,” pungkasnya. (12).

Baca Selengkapnya

Trending

Graha Rakyat Empat Lawang Jl. Lintas Sumatera Talang Banyu Tebing Tinggi Empat Lawang Sumatera Selatan Telp : 0702 7320044 Fex 0702 7320044