oleh

SLB Segera Difungsikan

 

REL, Tebing Tinggi – Sekolah Luar Biasa (SLB) berlokasi di kelurahan Kupang tepatnya di jalan Lingkar Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang yang baru selesai pembangunannya akan segera difungsikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan sangat mendukung dibukanya SLB Kabupaten Empat lawang.

“Semoga dengan adanya SLB di Kabupaten Empat Lawang, anak-anak yang berkebutuhan khusus bisa terlayani dengan baik. Diharapkan partisipasinya dari orangtua dan masyarakat, juga instansi terkait di kabupaten Empat Lawang. Demi majunya SLB,” ungkap Rita.

Senada dengan itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Empat Lawang mengatakan bahwa SLB akan difungsikan pada awal ajaran baru nanti.

“Tahun ajaran baru nanti SLB akan segera difungsikan,” kata Nurmala.

Nurmala menuturkan untuk penerimaan siswa-siswi baru selain para orangtua bisa mendaftarkan langsung ke panitia, pihaknya juga akan berencana untuk mendatangi langsung ke rumah masyarakat untuk merekrut peserta didik.

“Sejauh ini belum ada yang mendaftar ke kita. Data-data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagian sudah ada, tinggal didatangi saja,” jelasnya.

Untuk Fasilitas sekolah sendiri lanjut Nurmala, SLB Tebing tinggi di lengkapi dengan 9 lokal , 3 di antaranya untuk SD, 3 untuk SMP dan 3 lokal untuk kelas khusus penyandang Tuna Netra, tuna rungu dan tuna grahita, mushola dan WC terpisah antara putra dan putri.

“Falilitas sudah cukup termasuk ruang keterampilan, lantainya sudah dipasang paping blok semacam petunjuk arah dan hand driling untuk pegangan,” ungkapnya.

Masih dikatakan Nurmala, jangan takut untuk sekolah di SLB karena berstatus sekolah Negeri dan sudah memiliki fasilitas dan tenaga pengajar khusus sebab kalau guru biasa pasti tidak akan sanggup mengajar anak dengan kebutuhan khusus tersebut.

“Sekolah di SLB gratis dan berstatus sekolah negeri jangan takut untuk menyekolahkan anak yang berkebutuhan khusus, jangan malu sebab biasanya orang yang berkebutuhan khusus itu memiliki kelebihan tersendiri yang tidak semua orang punya,” tukasnya.

Dirinya lanjut Nurmala, hanya ditunjuk sebagai ketua pelaksana kalau untuk kepengurusannya nanti akan diambil alih oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Nanti kalau sudah serah terima, kepengurusan seperti apa selanjutnya akan diserahkan ke Provinsi, untuk sekarang karena belum serah terima bangunan jadi hanya ada petugas jaga saja di sana,” tutur Nurmala. (Mg15)

BACA JUGA