oleh

Siap-siap, Pasar Kalangan Jadi Sasaran Disdukcapil

REL, Empat Lawang – Jika sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, melakukan jemput bola kesetiap Kecamatan untuk melakukan perekaman e-KTP.

Tapi kali ini Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, akan menyasar perekaman e-KTP tersebut, ketempat-tempat keramaian.

“Kita akan menyasar ketempat keramaian, seperti kalangan (pasar Tumpah). Karena disana ramai disana, tapi kita tata dulu karena kalangan banyak di Empat Lawang ini,” ungkap Kepala Disdukcapil Empat Lawang Pitterson Okki Bial melalui Kabid Pengelolaan Informasi Penduduk (Piak) Iskandar pada saat dibincangi wartawan, Kamis (31/1).

Dijelaskan Iskandar, sebagai syarat perekaman tersebut, masyarakat cukup membawa Foto Copy Kartu Keluarga (KK). Dan setelah proses perekaman akan diberikan Surat Keterangan (Suket), sebab belanco KTP belum ada.

“Sudah rekaman langsung kita berikan Suket dulu, untuk KTP nya nanti setelah belanco sudah ada,” jelasnya.

Dan rencanannya lanjut Iskandar, proses perekaman ditempat keramaian tersebut akan dimulai pada bulan Febuari nanti,”Dan ini untuk menyelamatkan hak suara pada Pemilu April mendatang,” ujarnya.

Kendala yang dihadapai saat proses perekaman sambung Iskandar, itu masalah listrik dan sinyal internet. Sebab jika listrik dan sinyalnya bermasalah maka itu akan mengganggu proses perekaman. Tapi jika semuanya normal makan proses perekaman akan berjalan lancar.

“Kalau dipendopo hidup di Tebing mati kan tidak bisa mengirim data, begitu juga di Tebing hidup Pendopo mati tidak bisa juga. Dan sinyal didaerah Pendopo dan sekitarnyakan susah,” katanya.

Salah satu cara mengatasinya, pihaknya melakukan perekaman secara manual, setelah itu data perekaman tersebut dibawa ke Tebing Tinggi dan baru dikirim kepusat.

“Tapi kalau di Tebing Tinggi hidup di Pendopo juga hidup aman, perekaman berjalan lancar dan Suket nyapun bisa langsung keluar,” pungkasnya (12).

BACA JUGA