oleh

Serahkan Motor Bodong Dapat Penghargaan

REL, Empat Lawang – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad dan Wabup Yulius Maulana bersama unsur Forkopimda dan beberapa kepala OPD melakukan kunjungan kerja (kunker) ke seluruh kecamatan di kabupaten tersebut.

Hari ini (16/10) Kecamatan Pendopo induk dan Pendopo Barat yang kedua dikunjungi. Kunker tersebut yang paling ditekankan yakni masalah kemanan, penertiban motor bodong, judi, dan pesta malam.

Bupati yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumsel ni menerangkan, keberadaan motor bodng sangat banyak di masyarakat sehingga Pemerintah Daerah perlu perhatian agar masyarakat tidak terlibat tindak kriminalitas.

“Masyarakat yang menyerahkan kendaraan dengan sukarela dengan pihak keamanan akan diberikan penghargaan namun apabila masyarakat masih memiliki motor bodong akan ditindak sesuai hukum yang berlaku baik penadah, pemilik dan penebus,” ungkap Joncik saat menyampaikan sambutan di Kecamatan Pendopo saat melakukan Kungker, Selasa (16/10).

Tidak hanya itu saja lanjut Joncik, Masyarakat wajib melaporkan apabila mengetahui peredaran dan pemakaian Narkoba untuk menekan terjadi kejahatan karena Narkoba sangat lah merusak serta berkaitan besar dengan keamanan.

“Peraturan Bupati (Perbup) tentang Larangan pesta malam sudah saya tanda tangani, agar ditindak tegas dan bagi yang melaksanakan pesta malam tidak usah diberi buku nikah,” tegas Joncik.

Ditempat sama, Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setiawan mengatakan, peran keamanan merupakan tugas pokok kepolisian namun kepolisian tidak bisa berjalan sendiri untuk mewujudkan program dari Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang.

Kapolres juga menilai minimnya kasus masuk ke kepolisian masih sudah menjadi budaya sistem tebus tebus. “Penyebab tingkat kriminalitas tinggi akibat budaya tebus menebus motor bodong sehingga semakin sering terjadinya penodongan,” kata dia.

Agus juga meminta kepada semua Polsek untuk beperan terus melakukan razia kendaraan motor bodong agar tidak ada lagi masyarakat yang terlibat kriminalitas.

Sementara itu, Camat Pendopo Asnan Ghozi mengatakan, hasil rapat keamanan diwilayah Kecamatan Pendopo telah sepakat melarang Kepala Desa ditiap wilayahnya terhadap kegiatan pesta malam, perjudian, sabung ayam, pesta miras dan peradaran Narkoba. (12).

BACA JUGA