Connect with us

Empat Lawang

Sengketa PT SMS, Masih Temukan Jalan Buntu

Published

on

RAPAT : Rapat antara pihak perusahaan dan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemkab Empat Lawang, diruang Kabag Tapem, Rabu (30/5).

REL, Empat Lawang – Menyambung aksi protes di kantor PT Sawit Mas Sejahtera (SMS) puluhan warga dari Desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, Rabu (30/5).

Kedatangan puluhan warga ini untuk mempertanyakan Permasalahan sengketa lahan antara PT Sawit Mas Sejahtera (SMS) dengan Desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi.

Kedatangan mereka diterima oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Darno Bakar dan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Empat Lawang, RM Sobri. Lalu pihak Pemkab Empat Lawang mempertemukan perwakilan masyarakat dengan pihak perusahaan diruang Kabag Tapem, guna dilakukan rapat terkait permasalah sengketa lahan antara PT Sawit Mas Sejahtera (SMS) dengan Desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi.

Informasi dihimpun, hingga rapat pada Rabu (30/5) ini belum ada titik temu mengenai permasalahan sengketa lahan ini, Permasalahan ini pun hingga saat ini masih menemui jalan buntu. Pihak Pemkab Empat Lawang hanya memberikan solusi untuk kembali diadakan pertemuan antara kedua pihak yakni, pihak perusahaan dan masyarakat.

Kepala Dinas Perkim Darno Bakar ketika di konfirmasi wartawan setelah rapat menyampaikan, bahwa dari pertemuan kedua pihak didapat beberapa hasil yakni, akan dijadwalkan rapat pertemuan pembahasan penyelesaian masalah pada Minggu pertama bulan Juli 2018 dengan menghadirkan pihak Pemerintah Kabupaten Lahat.

“Tidak hanya itu, baik perusahaan maupun warga wajib membawa data atau dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kepemilikan lahan. Semisal untuk perusahaan membawa HGU khusus wilayah Empat Lawang, lalu dokumen ganti rugi dan sebagainya,” ungkapnya.

Dalam permasalahan ini, kata Darno, fokus kepada kepemilikan lahan bukan batas wilayah, lalu terlepas lahan yang diklaim itu masuk diwilayah Lahat atau Empat Lawang, tetap harus ada penyelesaian, ada ganti rugi dan lainnnya.

“Yang jelas fokus dalam permasalahan ini mengenai kepemilikan lahan,” ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum dari warga Desa Tanjung Kupang Baru, Rahman SH menyampaikan, dalam permasalahan ini masyarakat meminta lahan tersebut dikembalikan kepada masyarakat. Sebab menurut masyarakat sebelumnya lahan tersebut merupakan usaha milik masyarakat.

“Secara history masih menurut masyarakat, lahan tersebut bagian dari usaha perkebunan mereka seperti kebun karet,” imbuhnya

Sampai saat ini, kata Rahman, belum ada penyelesain terkait sengketa lahan ini, baik ganti rugi atau yang lainnya. “Untuk bukti milik ada beberapa masyarakat yang memiliki dan juga secara kolektif dari sejarah dan keterangan tokoh masyarakat memang lahan itu milik masyarakat,” katanya

Ia menilai, dalam penyelesain permasalahan ini pun cukup berlarut-larut. “Kalau saat ini saya nilai dalam penyelesaian permasalahan ini cukup berlarut-larut,” tandasnya. (Mg14)

Empat Lawang

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Tampak Dandim 04-05 lahat tinjau lokasi pembukaan jalan

REL,Empat Lawang – Dandim. 04-05 Lahat melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di tahun 2020.Selasa (22/9).

Dandim 04-05 lahat menaungi 3 wilayah yakni .kabupaten Empat Lawang,kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Namun,pantauan dilapangan ,yang menjadi titik lokasi giat tersebut yakni di Kabupaten Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Pendopo Desa Tanjung Raman.

Dandim 04-05 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien,SE.M.Si mengatakan ada 2 kegiatan dari TMMD yakni giat fisik dan non-fisik diantarannya pembukaan jalan kurang lebih 1,120 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dan gorong gorong sebanyak 10 unit.

“Sedangkan non-fisik mempunyai 8 program diantaranya,yang pertama penyuluhan kesadaran bela negara,penyuluhan tentang hukum,penyuluhan tentang bahaya narkoba,penyuluhan tentang pertanian,penyuluhan tentang wawasan kebangsaan,penyuluhan tentang kesehatan,penyuluhan tentang pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),”Lanjut Syahwab

Sasaran yang dicapai,membantu mempercepat pembangunan di daerah memperlancar perhubungan/transfortasi darat,membantu tingkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,tanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Jadi capaian yang di inginkan ada 5 point tersebut di kegiatan TMMD ke 109 ditahun 2020,”Jelasnya.

Terpisah Shanti warga Tanjung Raman merasa senang dengan adannya TMMD di Desanya,karena menurutnya dengan adanya pembukaan jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga sehari hari.

“Senang,semoga kedepannya lebih maju lagi dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

SMK,SMA Se-Sumsel Serah Terimah Jabatan

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Penandatanganan serah terimah jabatan

REL,Empat Lawang- Setelah dilakukan pelantikan dan pengukuhan beberapa hari lalu, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA, SMK dan SLB SE Kabupaten Empat Lawang, melakukan serah terima jabatan (Sertijab), Rabu (16/9) di aula gedung SMK Negeri 1 Empat Lawang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Riza Pahlevi, melalui Kasi Kurikulum Bidang SMK, Awaludin mengatakan, mutasi jabatan merupakan dinamika yang biasa sebagai abdi negara. Selain itu, mutasi juga dilakukan dalam rangka memperkaya pengalaman bertugas serta penyegaran suasana kerja.

“Dengan potensi dan integritas yang dimiliki oleh masing-masing Kepsek, hendaknya bisa mengembangkan inovasi dan kreatifitas untuk kemajuan sekolah,” ungkap Awaludin saat membacakan sambutan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.Rabu (16/9).

Awaludin juga menambahkan, sebagai seorang Kepsek, harus mengedepankan etika moral dan kejujuran serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan dan bawahan. “Ciptakan suasana yang kondusif di sekolah, dengan saling menjaga rasa asah, asih dan asuh,” imbuhnya.

Masih menurut Awaludin, tugas dan tanggungjawab kita saat ini semakin berat. Makanya fighting spirit harus dilakukan, dengan memberdayakan SDM staf yang ada. “Kita tidak bisa sendirian atau One Man Show dalam melaksanakan amanah ini, staf yang ada harus diberdayakan semaksimal mungkin,” ujarnya seraya berharap, seluruh Kepsek yang ada di Empat Lawang bisa membawa perubahan yang lebih baik, dalam dunia pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan.

Ditempat yang sama, Ketua MKKS SMK Kabupaten Empat Lawang, Saipul Efendi, mengajak seluruh Kepsek yang ada supaya memegang teguh amanah yang diberikan tersebut untuk membangun sekolah.

“Kita sama-sama menyadari dan yakin, amanah yang diberikan ini adalah salah satu bentuk ibadah. Untuk itu, mari kita jalankan amanah ini dengan baik,” ungkap Saipul.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Dinsos : Belum Terima Surat Resmi Kemensos

Published

on

Foto : Ilustrasi

REL,Empat Lawang – Pasien positif corona atau covid-19,baik yang meninggal dunia maupun yang telah sembuh dari virus corona,mendapatkan santunan dari pemerintah pusat melalui kementrian sosial Republik Indonesia.

Dikutip dari situs resmi kemensos RI ,kemensos ri memberikan santunan kepada pasien yang meninggal dunia positif corona sebesar 15 juta kepada ahli waris sedangkan pasien yang sembuh akan diberikan santunan jaminan hidup.

Dengan persyaratan menyertakan surat keterangan dari rumah sakit/puskesmas atau dinas kesehatan setempat bahwa yang bersangkutan adalah korban covid-19.

Untuk diketahui, saat ini pasien positif corona di kabupaten Empat Lawang berjumlah 11 orang dengan rincian 2 orang meninggal dunia ,8 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang masih dalam proses isolasi mandiri

Sementara itu,Plt.Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Empat Lawang Eka Agustina mengatakan,Sampai saat ini belum mendapatkan info atau pun surat resmi dari kemensos.

“coba tanya BPBD ( sekretariat tim gugus ) atau Dinkes,sebab belum dapat info atau surat resmi dari kemensos dan saya telpon kadinsos provinsi (Palembang) juga belum pernah dapat,”Ungkapnya saat di hubungi melalui pesan singkat whatsapp.Senin (7/8).

Mungkin lanjutnya,kabid perlimbansos yang mendapatkan info tersebut.

“Untuk sampai saat ini saya belum,saya tanya kabid perlimbansos dulu mungkin di kabidnya ada info tentang ini karena saya masuk menjadi PLT kadinsos itu terhitung mulai bulan Mei,”Katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending