Connect with us

Empat Lawang

Seletif, Tak Penuhi Kreteria Langsung Gugur

Published

on

NOMINASI : Tim Verifikasi diwakili Ketua Panitia Purwadi menyerahkan nominasi Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur kepada dewan juri diwakili Agus Srimudin di kantor Diskominfo Sumsel, kemarin.

* Masuk Nominasi  Hanya 1.934 Surat

 

REL, Palembang – Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH MM sudah memasuki tahap penentuan. Ini ditandai penyerahan nominasi peserta terbaik sekitar pukul 14.00 WIB di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumsel kemarin (8/4).

Penyerahan nominasi diserahkan Ketua Panitia Pelkasana Purwadi SP kepada perwakilan Dewan Juri H Agus Srimudin S.Pd.I, MI.Kom sekaligus Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumsel, disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumsel Jhon Kenedy dan perwakilan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumsel.

Pada verifikasi dan penilaian tahap 1 yang dilakukan tim, persaingan sangat ketat. Terlebih jumlah peserta yang ikut lomba tersebut mencapai 149.262 peserta se-Sumsel. Dari jumlah itu, yang masuk nominasi hanya 1.934 peserta. Selanjutnya akan dinilai Dewan Juri yang diketuai Prof Dr Hj Isnawijayani dari akademisi.

“Persaingan ketat. Jumlah peserta juga sangat banyak. Tim verifikasi sekaligus penilai tahap 1 melakukan kerjanya luar biasa. Karena meraka harus melakukan penilaian secara cermat. Tentunya surat yang masuk nominasi adalah yang masuk kreteria penilaian,” ujar Ketua Pelaksana Lomba Purwadi SP didampingi Sekretaris Pelaksana Ade Rosad S.Pd.I.

Dari 149.262 peserta se-Sumsel yang masuk nominasi hanya 1.934 peserta. Penilaian sangat selektif. Surat yang tak penuhi kreteria langsung gugur. Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh tim juri. Dimana sistem penjurian akan dilakukan lima zona. Zona 1, Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin. Zona 2, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Selanjutnya Zona 3, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Zona 4, Kabupaten PALI, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang. Dan Zona 5, Kota Pagaralam, Kota Lubuk Linggau,  Kabupaten Muratara dan Kabupaten Musi Rawas.

Ia mengatakan, sesuai jadwal penyerahan nominasi dilakukan pada 8 April. Setiap daerah jumlahnya berbeda-beda. Proporsional. Karena ditentukan dengan jumlah surat yang dikirim. “Kan beda-beda jumlah surat setiap daerah. Tidak bisa di pukul rata, misalnya Kabupaten OKUT surat yang masuk hampir 40 ribu surat,” katanya.

Kembali ia menyampaikan, lomba menulis surat ini menawarkan hadiah menarik. Diantaranya terbaik utama study banding wawasan kebangsaan, beasiswa pendidikan dari gubernur, kemudian hadiah tabungan pendidikan. Panitia juga menyiapkan hadiah hiburan menarik.

Purwadi meyakinkan, pertengahan April semua tahapan segera rampung. Rencananya awal Mei akan dilakukan grand final. Tempatnya di Griya Agung Palembang dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM. “Insyaallah semua tahapan berjalan lancar. Kita serahkan kepada tim juri untuk dilakukan penilaian,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumsel Jhon Kenedy mengatakan, Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumatera Selatan tentunya sangat bermanfaat. Baik bagi peserta didik dan pemerintah sendiri. Lomba ini diharapkan menjadi sarana aspirasi siswa untuk menyampaikan beragam pemikirannya kepada gubernur.

Lomba ini sendiri di bawah kendali Kominfo Sumsel. Tentunya bekerja sama dengan intansi terkait, seperti Dinas Pendidikan, Balai Bahasa dan intansi lainnya. “Panitia saat ini tengah melaksanakan proses yang sedang berjalan. Rencananya awal Mei dilaksanakan gran final,” ujarnya. (asa/rel).

Empat Lawang

Wilayah Desa Tebat Payang Disemprot Disinfektan

Published

on

Caption : Kades bersama unsur terkait melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan REL,Empat

 

 

REL,Empat Lawang – Memutuskan penyebaran mata rantai wabah virus corona,pemerintahan Desa Tebat Payang Kecamatan Pendopo Barat melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan.

Kegiatan penyemprotan melibatkan camat, kapolsek danramil tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perangkat desa ikut serta dalam penyemprotan.

“Ya hari ini kita berasama unsur terkait melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, penangan dan pencegahan covid19,”Kata Kepala Desa Tebat Payang Ismail,Kamis (9/4/20).

Agar terhindar dari penyebaran wabah virus covid19 Lanjutnya,penyemprotan dilakukan di seluruh Dusun di wilayah Desa Tebat Payang

“Mulai dari dusun 1, 2 dan dusun 3 di semprot pakai cairan disinfektan agar penyebaran Virus Covid19 terputus,”Jelasnya.

Kendati dirinya juga berpesan kepada warga setempat,agar tidak panik tapi tetap waspada serta selalu menjaga kebersihan.

“Jangan terlalu panik namun tetap waspada,jaga selalu kebersihan lingkungan dan diri kita supaya terhidar dari virus,karena kebersihan salah satu cara memutuskan penyebaran wabah virus corona,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Hati Hati Modus Penipuan Melalui Telepon

Published

on

Caption : Ilustrasi Modus via seluler.

 

REL,Empat Lawang – Pengguna seluler harus berhati hati saat menjawab telepon dari no yang belum di kenal.

Pasalnya baru baru ini, kasus penipuan yang melalui via telepon telah beredar dikalangan masyarakat sehingga membuat resah.

Seperti yang di alamai Dewi yang hampir saja tertipu / terhipnotis oleh orang orang yang tak dikenal yang mengatakan bahwa anak nya ditangkap pihak yang berwajib.

“Waktu itu saya lagi tidur,disaat kurang lebih pukul 02 : 00 Wib Handphone saya berbunyi,ketika itu saya angkat ,pas saya tanya “Halo ” terus dijawab Mak inisial A ditangkap polisi”Jawabnya terus saya panik dan keluar kerumah untuk melihat kerumah anak saya apa benar anak saya ditangkap polisi,pas saya lihat rumah anak saya terkunci dari dalam dan ternyata anak saya ada sedang tidur,”Ungkapnya.Sslasa (7/4).

Lalu Lanjutnya,Setelah mengetahui anaknya ada di rumah,iapun masih menjawab perkataan dari si pe-nelpon dan anak satu nya menyusul saya kedepan ,ketika itu anak saya mengambil telepon dari tangan saya.

“Ibu sendirian ya ,jangan kasih tau orang lain,kata orang yang menelpon itu,dan lalu handpohe saya di ambil anak saya dengan mengatakan kepada si pe-nelpon ,jangan mau nipu aku tangkap kamu nanti,di gertak oleh anak saya dan telepon itu di matikan oleh nya,”Jelasnya.

Dengan kejadian yang di alaminya Sambungnya ,berharap agar pihak terkait bisa menyelidiki atau melacak no penipu tersebut yang telah meresahkan masyarakat.

“Kalau waktu saya tidak di ikuti anak saya mungkin saya akan mengalami kerugian,kalau bisa penipu itu segera di ungkap dan ditangkap,”Harapnya.

Kiki warga Tebing Tinggi juga mengatakan hal yang sama terkait modus penipuan melalui via seluler.

“Ya benar ,sekarang ini banyak yang menipu melalui via seluler,”Terangnya.

Untuk di ketahui no handphone seluler penipu ,melalui modus via telepon yaitu 082161083018,apabila no tersebut menelpon anda ,janga menjawab atau panik agar terbebas dari penipuan.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Polantas Cek kesiapan Kendaraan R2 dan R4

Published

on

Caption : Polantas mengecek kesiapan kendaraan dalam giat ops keselamatan

 

REL,Empat Lawang – Mencegah serta mengantisipasi angka laka lantas di jalanan serta mencegah masuknya penyebaran wabah virus covid 19 di Kabupaten Empat Lawang

Kepala satuan polisi lalulintas polres Empat Lawang bersama anggotanya melakukan kesiapan pengecekan ranmor R4 dan R2 dalam giat ops keselamatan.

“Kesiapan satlantas polres Empat Lawang dalam rangka ops keselamatan melakukan pengecekan ranmor rd4 dan rd4,”Ungkap Kapolres Empat Lawang AKBP.Eko Yudi Karyanto,S.IK melalui Kepala Satuan Lalu Lintas IPTU .M Yusuf Lubis.Selasa (7/4/20).

Masih dikatakan Lubis,yang telah dilaksanakan mulai tanggal 6 kemarin hingga sampai 19 april mendatang,bertempat di jalan lintas dalam kabupaten Empat Lawang.

“Terget semua pengguna jalan dan antisipasi masyarakat berkumpul sehingga virus covid 19 tidak menyebar ke Empat Lawang hingga tercapainya Empat Lawang madani,”Ucapnya.

Ditambahkan Lubis,dengan giat ops keselamatan ini diharapkan masyarakat dapat tertib berlalulintas.

“Agar masyarakat Empat Lawang tertib berlalulintas dan masyarakat tidak mudik, sehingga virus covid 19 tidak menyebar di bumi saling kruani sangi krawati dan sekitar nya,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending