Connect with us

Empat Lawang

Seletif, Tak Penuhi Kreteria Langsung Gugur

Published

on

NOMINASI : Tim Verifikasi diwakili Ketua Panitia Purwadi menyerahkan nominasi Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur kepada dewan juri diwakili Agus Srimudin di kantor Diskominfo Sumsel, kemarin.

* Masuk Nominasi  Hanya 1.934 Surat

 

REL, Palembang – Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH MM sudah memasuki tahap penentuan. Ini ditandai penyerahan nominasi peserta terbaik sekitar pukul 14.00 WIB di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumsel kemarin (8/4).

Penyerahan nominasi diserahkan Ketua Panitia Pelkasana Purwadi SP kepada perwakilan Dewan Juri H Agus Srimudin S.Pd.I, MI.Kom sekaligus Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumsel, disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumsel Jhon Kenedy dan perwakilan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumsel.

Pada verifikasi dan penilaian tahap 1 yang dilakukan tim, persaingan sangat ketat. Terlebih jumlah peserta yang ikut lomba tersebut mencapai 149.262 peserta se-Sumsel. Dari jumlah itu, yang masuk nominasi hanya 1.934 peserta. Selanjutnya akan dinilai Dewan Juri yang diketuai Prof Dr Hj Isnawijayani dari akademisi.

“Persaingan ketat. Jumlah peserta juga sangat banyak. Tim verifikasi sekaligus penilai tahap 1 melakukan kerjanya luar biasa. Karena meraka harus melakukan penilaian secara cermat. Tentunya surat yang masuk nominasi adalah yang masuk kreteria penilaian,” ujar Ketua Pelaksana Lomba Purwadi SP didampingi Sekretaris Pelaksana Ade Rosad S.Pd.I.

Dari 149.262 peserta se-Sumsel yang masuk nominasi hanya 1.934 peserta. Penilaian sangat selektif. Surat yang tak penuhi kreteria langsung gugur. Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh tim juri. Dimana sistem penjurian akan dilakukan lima zona. Zona 1, Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin. Zona 2, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Selanjutnya Zona 3, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Zona 4, Kabupaten PALI, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang. Dan Zona 5, Kota Pagaralam, Kota Lubuk Linggau,  Kabupaten Muratara dan Kabupaten Musi Rawas.

Ia mengatakan, sesuai jadwal penyerahan nominasi dilakukan pada 8 April. Setiap daerah jumlahnya berbeda-beda. Proporsional. Karena ditentukan dengan jumlah surat yang dikirim. “Kan beda-beda jumlah surat setiap daerah. Tidak bisa di pukul rata, misalnya Kabupaten OKUT surat yang masuk hampir 40 ribu surat,” katanya.

Kembali ia menyampaikan, lomba menulis surat ini menawarkan hadiah menarik. Diantaranya terbaik utama study banding wawasan kebangsaan, beasiswa pendidikan dari gubernur, kemudian hadiah tabungan pendidikan. Panitia juga menyiapkan hadiah hiburan menarik.

Purwadi meyakinkan, pertengahan April semua tahapan segera rampung. Rencananya awal Mei akan dilakukan grand final. Tempatnya di Griya Agung Palembang dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM. “Insyaallah semua tahapan berjalan lancar. Kita serahkan kepada tim juri untuk dilakukan penilaian,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumsel Jhon Kenedy mengatakan, Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur Sumatera Selatan tentunya sangat bermanfaat. Baik bagi peserta didik dan pemerintah sendiri. Lomba ini diharapkan menjadi sarana aspirasi siswa untuk menyampaikan beragam pemikirannya kepada gubernur.

Lomba ini sendiri di bawah kendali Kominfo Sumsel. Tentunya bekerja sama dengan intansi terkait, seperti Dinas Pendidikan, Balai Bahasa dan intansi lainnya. “Panitia saat ini tengah melaksanakan proses yang sedang berjalan. Rencananya awal Mei dilaksanakan gran final,” ujarnya. (asa/rel).

Empat Lawang

Hoax,Beredarnya Video Penodongan di Empat Lawang

Published

on

Caption : Video Hoax yang beredar di Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Masyarakat Empat Lawang diresahkan beredarnya video yang mengatas namakan kejadian penodongan di Kabupaten Empat Lawang tepatnya dijalan poros pada pagi hari ini Kamis (13/8/20).

Dalam video tersebut nampak seorang perempuan yang menggunakan pakaian (Baju) warna putih dan jean hitam yang mengenakan helm mengalami tangan putus serta didalam video itu di tulis dengan kata kata “Keno todong dijalan poros tebing”

Setelah ditelusuri bahwa video itu Hoax dan bukan terjadi di Kabupaten Empat Lawang melainkan kejadian kecelakaan di Kalimantan antara pengendara roda dua dengan kendaraan Roda enam (Truk) sehingga mengakibatkan pengendara roda dua tersebut mengalami putus tangan.

Hal tersebut dapat dibuktikan di salah satu akun Youtube yang telah diposting satu minggu yang lalu (4/8/2020) yang bernama chanel “Syams Aprilia”.

  • Caption : Video asli, kejadian yang terjadi di kalimantan

 

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK terkait beredarnya video hoax yang mengatakan bahwa kejadian itu terjadi di kabupaten Empat Lawang ia pun membantah.

“Bukan di Empat Lawang kejadian itu,”Katanya singkat saat dikompirmasi melalui pesan singkat whatsapp.Kamis (13/8).

Masih dikatakan Kapolres,ia menegaskan, merajuk pada uu ITE bagi penyebar berita hoax bisa dikenakan pidana

“Dalam pasal 45 A ayat (1), setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan di pidana dengan pidana penjara enam tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kades Bagikan BLT DD Tahap Ke Empat

Published

on

Caption : Kades bagikan perpanjangan BLT dd yang di awasi pihak kecamatan dan tenaga ahli Kabupaten Serta TNI-Polri

REL,Empat Lawang – Perpanjangan Bantuan langsung tunai dana desa (BLT,DD) tahun 2020, dipruntukan bagi masyarakat yang terdampak wabah virus covid-19 yang saat ini masih merebak diberbagai penjuru dunia.

Pemerintahan Desa Remantai Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang menyalurkan BLT DD desa tahap ke Empat dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker dan menjaga jarak saat mengambil BLT tersebut.

Kepala Desa Remantai Fauzi mengatakan perpanjangan blt dd dimulai pada bulan Juli hingga bulan September mendatang dengan nominal sebesar 300 ribu perbulannya.

“Perpanjangan BLT DD cuma 3 bulan dan sebulannya 300 ribu per-KK,beda dengan BLT DD bulan kemarin yang beseranya 600 perbulan untuk per-KK,”Ungkapnya.Senin (10/8)

Untuk desanya,yang mendapatkan BLT DD perpanjangan,sebanyak 138 Kepala Keluarga (KK).

Namun demikian,Dengan adanya perpanjangan ini,diharapkan masyarakat dapat mempergunakannya dengan sebaik baiknya mengingat bantuan ini tidak selamanya,

“Kita tidak tahu kedepannya apakah ada perpanjangan lagi atau tidak,diharapkan gunakan lah bantuan ini dengan seperlunya karena kita tidak tahu sampai kapan virus covid-19 ini akan berlalu,”Jelasnya.

Diketahui penyaluran perpanjangan BLT DD desa remantai di hadiri camat Talang Padang,TNI-Polri,Tenaga Ahli Kabupaten,PLD dan PD serta masyarakat yang menerima bantuan bertempat di Rumah Kepala Desa Remantai.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kapolda Sumsel Apresiasi Kinerja Pemkab Empat Lawang

Published

on

foto : Ist Caption : Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Eko Indra Heri S setibanya di Mapolsek Paiker

REL,Empat Lawang – Dalam rangka monitor kamtibmas diwilayah hukum kabupaten Empat Lawang kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Eko Indra Heri S yang didampingi Bupati Empat Lawang, pejabat utama polisi dan kapolres Empat Lawang AKBP Wahyu SIK berkunjung ke Pasemah Air Keruh.Kemarin (7/8).

Selain berkunjung ke kantor Polsek Paiker, kapolda Sumsel juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya, kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Eko Indra Heri S memuji keberhasilan pemerintah Empat Lawang memberikan rasa aman kepada warganya,

“Semua ini karena peran aktif pihak kepolisian dan juga karena dibentuknya PolPPDes,”Katanya.

Selain itu, beliau juga bernostagia, karena pada tahun 2004 pernah bertugas,menjabat sebagai kapolres Lahat dan iapun sering berkunjung ke kecamatan Paiker, beliau masih ingat dengan kondisi kantor maupun peristiwa yang pernah terjadi seperti kantor polsek pernah dibakar warga.

Kapolda dan bupati serta rombongan menyempatkan diri melaksanakan sholat Jumat di masjid di desa Nanjungan dan memberikan sumbangan kepada pengurus masjid.
Disela adanya kunjungan kapolda beserta rombongan,

Petugas dari puskesmas sibuk melaksanakan tugas protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh dan melakukan cuci tangan semua peserta yang mengikuti kegiatan monitoring kamtibmas, termasuk kapolda sumsel dan bupati Empat Lawang.

Kepala Puskesmas Nanjungan Paiker Siti Khodijah mengatakan diminta atau tidak diminta setiap ada kegiatan di Paiker guna mengumpulkan orang banyak walaupun dibatasi jumlahnya harus diperiksa.

“Yang utama diperiksa kesehatannya demi menghindari penyebaran covid 19,”Ucapnya.

Sementara itu ,Camat Paiker Noperman Subhi,sangat bangga dengan adanya kunjungan kapolda ke Paiker,

“Mungkin baru kali ini ada yang mau masuk dan melakukan monitoring ke Paiker dan berharap dampaknya dapat menggugah masyarakat untuk lebih sadar mentaati protokol kesehatan. serta sadar untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dan tidak bersentuhan,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending