oleh

Selaraskan Data, BPS Akan Akomodir OPD di Wilayah Sumsel

REL, Palembang – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel akan melakukan Coaching Clinic berbentuk norma, standar, prosedur dan kriteria pengumpulan data kepada OPD Sumsel agar kebutuhan data sektoral yang tersebar terkukuhkan.

Hal ini diasampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih, ketika diwawancara usai penandatanganan nota kesepahaman antara BPS dan Pemkab/Pemkot di Sumsel yang berlangsung di Hotel Whyndam, Senin (19/2/2019).

“Semua data kita jadikan satu di Indonesia, kita harapkan dengan satu data tidak ada lagi data yang tercecer. Konsep definisi metodologi yang jelas sehingga pengelola data bisa mengakses lebih mudah,” kata dia.

Dikatakannya, ada SimDasi (Sistem Data Statistik Terintegrasi) portal inilah yang akan mengakomodir data dari OPD. Sebelumnya, sudah pernah terkumpul akan tetapi, konsistensi kelengkapan masih belum bagus.

“Dengan kesepakatan yang tadi sudah dilakukan kita semoga langkah BPS untuk melakukan pelatihan kepada OPD terkait bisa berjalan lancar. Data yang kita masukkan adalah semua dtaa baik kependudukan, perekonomian, kondisi geografis,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Sumatera Selatan sudah kewajiban Provinsi untuk menyatukan arah bagaimana persepsi antar Pemda, Pemkab dan Pemkot.

“Yang paling penting kita harus satu data setelah itu baru persepsi, ini (data) tak bisa dilakukan dari sekedar feeling. Paling tidak kita sudah komitmen untuk mencegah terjadi kebocoran data,” pungkasnya. (reles)

BACA JUGA