oleh

Sekda Minta Disediakan Pawang Hujan

* Pemerintah Qurban 20 Ekor Sapi

 

REL, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang  telah menetapkan jumlah hewan korban pada Hari Raya Idul Adha nanti, sebanyak 20 ekor sapi telah disepakati dalam rapat pembentukan panitia Qurban bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal ini disampaikan oleh Sekda Empat Lawang H Edison Jaya SH MH saat ditanyaikan wartawan usai melaksanakan rapat bersama dengan seluruh OPD, Kamis (2/8). “Yah, tadi sudah kita rapatkan bersama seluruh OPD, berdasarkan hasil rapat tadi disepakati Pemerintah Kabupaten menyiapkan 20 ekor sapi dari tiap OPD Empat Lawang,” ungkapnya.

Dijelaskan Edison, ada bebrapa OPD yang bergabung dalam pemotongan hewan kurban tersebut, misalnya tiga OPD satu ekor hewan kurban.

“Ada beberapa OPD yang gabung itu berdasarkan hasil kesepakatan tadi. Dan untuk pemotongannya dilakukan di kantor pemkabsini usai melaksanakan Shalat Ied, kemudian langsung kita bagikan ke masyarakat,” jelasnya.

Untuk ditiap-tiap Kecamatan, lanjut Edison, dianjurkan untuk memotong hewan kurban di kecamatannya masing-masing.

“Diajurkan tiap kecamatan berkurban karena masyarakat banyak di kecamatan,” kata Pejabat yang menjadi Dosen ini.

Tidak hanya itu saja masih kata Sekda, untuk sholat ied nanti juga telha dibahas dalam rapat tersebut, untuk sholat ied akan dilaksanakan di lapangan Pemkab Empat Lawang, namun belajar dari pengalaman sholat ied Idul Fitri kemarin Sekda menyarankan untuk diadakan pawang hujan.

“Tadi sudah saya sarankan untuk diadakan pawang hujan supaya saat sholat ied nanti tidak hujan seperti sholat Ied Idul Fitri kemarin kita pindah ke musholla Pemkab karena hujan,” tamabah Sekda.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Empat Lawang Sumardi mengatakan, dalam rapat bersama ada beberapa yang dibahas yakni Pembentukan panitia qurban termasuk menentukan jumlah hewan kurban sekaligus menetapkan lokasi sholat ied.

“Dalam rapat tadi sudah ditetapkan semua, hewan qurban sebanyak 20 ekor, sholat ied Idul Adha akan dilaksanakan di Halaman Pemkab Empat Lawang,” katanya. (13).

BACA JUGA