oleh

Segera Bentuk UPZ Masjid dan Mushola

REL, Empat Lawang – Sesuai dari instruksi Badan Amil Zakat (Baznas) provinsi Sumatera Selatan, bahwasannya perlu dibentuk Unit Pengelola Zakat (UPZ) di setiap masjid dan mushola di masing-masing daerah. Maka Baznas Empat Lawang akan membentuk UPZ di setiap masjid dan mushola se Empat Lawang.

Ketua Baznas Empat Lawang H Andi Aziz mengatakan, pihaknya menerima surat edaran dari Baznas provinsi Sumsel, terkait perlunya membentuk UPZ disetiap masjid dan mushola di daerah masing-masing.

Selanjutnya pihaknya pun akan melayangkan surat edaran ke masjid dan mushola se Empat Lawang. Bahwa diperlukannya pembentukan UPZ masing-masing masjid dan mushola.

“Kami berharap adanya kerjasama yang baik dari pengurus masjid dan mushola di Empat Lawang itu untuk berkoordinasi dengan Baznas Empat Lawang. Setidaknya melaporkan petugas yang hendak ditunjuk sebagai UPZ di masing-masing masjid/mushola,”kata Andi.

Dari petugas yang ditunjuk itu, sambung Andi, pihaknya akan mengeluarkan SK yg resmi dari Baznas Empat Lawang. Tentunya hal ini sesuai dengan aturan dan perundang-undangan. Dan dipastikan hal ini merupakan legalitas setiap pengelola UPZ untuk melaksanakan program keummatan mengenai zakat.

“Kita siap selalu di sekretariat Baznas sementara. Yakni di Tanjung Beringin Lama kecamatan Tebing Tinggi, mudah-mudahan kita diberikan kemudahan dalam melaksanakan amanah ini,”imbuhnya.

Lebih jauh Andi menerangkan, akan membentuk pula UPZ di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik Dinas, Badan, Kantor, baik tingkat kabupaten dan kecamatan. Hanya saja, pihaknya akan berkoordinasi dahulu dengan pemerintah Empat Lawang untik pelaksanaan teknisnya. Mulai dari surat edarannya ataukah berbentuk perda nya.

“Untuk UPZ dinas, badan, kantor, nanti juga akan kita bentuk, tapi setelah suksesnya pembentukan UPZ masjid dan mushola terlebih dahulu,” pungkasnya. (11)

BACA JUGA