oleh

Sedekah Serabi dan Batu Megalith Didaftarkan ke Kementerian

 

REL, Tebing Tinggi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Empat Lawang mendaftarkan dua kebudayaan asal Empat Lawang ke Dirjen Kementerian Kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Empat Lawang, Dra. Rita Purwaningsih, MM pada saat acara Workshop Penyusunan Kebijakan Kebudayaan Lokal, Untuk Melestarikan Budaya Lokal Empat Lawang.

Rita mengatakan dua kebudayaan yang didaftarkan jenis tak benda berupa Sedekah Serabi, dan bentuk benda yakni Megalith di Desa Jarakan Kecamatan Pendopo.

Saat ini Disdikbud Empat Lawang mulai mendata juga kebudayaan asli Empat Lawang untuk dibuatkan semacam borang atau daftar yang akan dikerjakan.

Disdikbud Empat Lawang tidak menampik adanya kebudayaan asli yang banyak belum diidentifikasi, ada juga yang sudah diidentifikasi.

“Untuk itu kita hadirkan penggiat kebudayaan dan seni dari Empat Lawang, mengidentifikasi kebudayaan asal Empat Lawang,” kata Rita, Kamis (5/3/2020).

Ke depan Rita menjelaskan ketika sudah teridentifikasi semua, kebudayaan itu maka akan mudah untuk dilestarikan.

“Kalau sudah teridentifikasi maka mudah untuk melestarikannya,” ucap Rita.

Senada dengan itu, Veranita, SE, M.Si selaku Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Empat Lawang mengatakan tujuan dari diadakannya acara tersebut ialah untuk meningkatkan kualitas dan kepedulian generasi muda dalam rangka mengenal dan mengembangkan serta melestarikan budaya lokal daerah Kabupaten Empat Lawang.

“Saya berharap peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik, dan saya juga berharap kepada seluruh karyawan pemerintah yang ada di Empat Lawang dapat berkerjasama dalan memajukan dan mengembagkan Kebudayaan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” harap Vera.

Ditambahkan oleh Vera, dalam acara workshop Disdikbud mendatangkan 3 pemateri yakni Drs. Saudi Burlian, M. Si selaku penulis buku dari Provinsi Sumatera Selatan, Kemas Anwar Beck selaku pencipta lagu dari Provinsi Sumatera Selatan, dan Sulton Bustari, S. PdI selaku dewat adat Kabupaten Empat Lawang. (Mg15)

BACA JUGA