Connect with us

Empat Lawang

Sedekah Serabi dan Batu Megalith Didaftarkan ke Kementerian

Published

on

Caption : BUDAYA: Workshop penyusunan kebijakan kebudayaan lokal, untuk melestarikan budaya lokal Empat Lawang, Kamis (5/3/2020).

 

REL, Tebing Tinggi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Empat Lawang mendaftarkan dua kebudayaan asal Empat Lawang ke Dirjen Kementerian Kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Empat Lawang, Dra. Rita Purwaningsih, MM pada saat acara Workshop Penyusunan Kebijakan Kebudayaan Lokal, Untuk Melestarikan Budaya Lokal Empat Lawang.

Rita mengatakan dua kebudayaan yang didaftarkan jenis tak benda berupa Sedekah Serabi, dan bentuk benda yakni Megalith di Desa Jarakan Kecamatan Pendopo.

Saat ini Disdikbud Empat Lawang mulai mendata juga kebudayaan asli Empat Lawang untuk dibuatkan semacam borang atau daftar yang akan dikerjakan.

Disdikbud Empat Lawang tidak menampik adanya kebudayaan asli yang banyak belum diidentifikasi, ada juga yang sudah diidentifikasi.

“Untuk itu kita hadirkan penggiat kebudayaan dan seni dari Empat Lawang, mengidentifikasi kebudayaan asal Empat Lawang,” kata Rita, Kamis (5/3/2020).

Ke depan Rita menjelaskan ketika sudah teridentifikasi semua, kebudayaan itu maka akan mudah untuk dilestarikan.

“Kalau sudah teridentifikasi maka mudah untuk melestarikannya,” ucap Rita.

Senada dengan itu, Veranita, SE, M.Si selaku Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Empat Lawang mengatakan tujuan dari diadakannya acara tersebut ialah untuk meningkatkan kualitas dan kepedulian generasi muda dalam rangka mengenal dan mengembangkan serta melestarikan budaya lokal daerah Kabupaten Empat Lawang.

“Saya berharap peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik, dan saya juga berharap kepada seluruh karyawan pemerintah yang ada di Empat Lawang dapat berkerjasama dalan memajukan dan mengembagkan Kebudayaan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” harap Vera.

Ditambahkan oleh Vera, dalam acara workshop Disdikbud mendatangkan 3 pemateri yakni Drs. Saudi Burlian, M. Si selaku penulis buku dari Provinsi Sumatera Selatan, Kemas Anwar Beck selaku pencipta lagu dari Provinsi Sumatera Selatan, dan Sulton Bustari, S. PdI selaku dewat adat Kabupaten Empat Lawang. (Mg15)

Empat Lawang

Kades MLL Kaget,Dapat Juara II

Published

on

Caption : Tampak Kepala Desa Muara Lintang Lama menerima piagam dari Kapolres Empat Lawang.

REL,Empat Lawang – Bertepatan pada tanggal 1 Juli 2020 dalam rangkaian hut bhayangkara ke 74,polre Empat Lawang mengumumkan para pemenang lomba kampung tangkal covid-19.

Mendengar Desanya terpilih sebagai pemenang lomba kampung tangkal covid-19 yang di adakan oleh Mapolres Empat Lawang.

Kepala Desa Muara Lintang Lama Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang merasa kaget dan senang atas prestasi yang didapat.

“Senang sekali tak menyangka kalau Desa Muara Lintang Lama mendapatkan Juara II (Dua,Red) dalam lomba Kampung Tangkal covid-19,”Ungkap Samsul Wijaya Kepala Desa Muara Lintang Lama dengan wajah berseri seri.Kemarin (2/7).

Ini lanjutnya,Berkat kerjasama antara tim relawan covid-19 Desa Muara Lintang Lama.

“Semoga kedepannya wabah virus covid-19 ini cepat berlalu,Sehingga masyarakat terkhusus masyarakat Empat Lawang bisa beraktivitas normal seperti sediakala,”Harapnya.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK mengatakan dengan adanya lomba kampung tangkal covid-19 ini dapat meningkatkan kedisiplinan dan kebiasan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Diharapkan dengan adanya lomba kampung tangkal ini Masyarakat bisa terbiasa dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,selalu mencuci dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak, sehingga masyarakat dapat melaksanakan New Normal sesuai dengan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

10 Orang Dapat SIM Gratis, dihari HUT Bhayangkara

Published

on

SIM : Nampak masyarakat yang mendapatkan SIM gratis di hari HUT Bhayangkara.

REL,Empat Lawang – Bertepatan pada tanggal 1 Juli 2020,Polisi Republik Indonesia (Polri) memperingati perayaan Hut Bhayangkara yang ke 74.

Nah,Bagi masyarakat yang lahir pada 1 juli menjadi berkah tersendiri,pasalnya hari ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (Hut) Bhayangkara Satuan Lalulintas Polres Empat Lawang memberikan hadiah berupa SIM gratis bagi masyarakat Empat Lawang yang lahir pada tanggal 1 Juli.

Kapolres Empat Lawang AKBP .Wahyu,S.IK melalui Kasatlantas AKP.Herman Akhiri didampingi Baur SIM Bripka. Yongki mengatakan program SIM gratis ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT Bhayangkara ke 74 tahun.

“Jadi masyarakat yang lahir 1 Juli , bisa membuat SIM atau memperpanjang secara gratis khusus SIM A dan SIM C, dengan syarat melampirkan poto kopi KTP dan surat keterangan sehat dari puskesmas serta mengikuti ujian tertulis dan praktek,”kata Herman, Rabu (1/7)

Dikatakannya, kegiatan yang berlangsung satu hari ini ada 10 orang yang memenuhi syarat dan dibuatkan SIM secara gratis oleh Satlantas Polres Empat Lawang yang bekerja sama dengan Bank BRI Tebing Tinggi.

“Iya, ada 10 orang yang beruntung yaitu 3 orang yang membuat SIM A dan 7 orang membuat SIM C,”jelasnya

Dirinya berharap dengan adanya program seperti ini bisa membuat masyarakat akan lebih tertib lagi dalam berkendara dengan melengkapi surat – surat kendaraan serta juga SIM yang wajib di miliki pada saat berkendara.

Sementara, Samino salah seorang masyarakat yang mendapat SIM Gratis, mangaku senang dengan adanya program seperti ini.

“Iya, senang karena kita diberi kemudahan dalam membuat SIM,semoga kedepannya Polri semakin berjaya,”katanya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

DPC PDIP Empat Lawang Nyatakan Sikap,Terkait Pembakaran Bendera PDIP di Jakarta

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Puluhan Kader PDIP Empat Lawang saat menyampaikan orasinya

REL,Empat Lawang – Puluhan massa demontrasi dari DPC PDIP Kabupaten Empat Lawang mendatangi Mapolres Empat Lawang sekitar pukul 14 : 00 Wib.

Kedatangan puluhan masa ini tidak lain, menyampaikan aspirasi agar pihak kepolisian menuntut tuntas kasus pembakaran bendera PDIP di Jakarta pada tanggal 24 Juni kemarin.

“Kami hari ini beserta rombongan menyatakan sikap terkait pembakaran bendera PDIP di depan Kantor MPR di Jakarta, maka dari itu kami segenap jajaran menyerahkan proses hukum ini ke pihak yang berwajib,”Kata Ketua DPC PDIP Empat Lawang,A Riva’i pada awak media.Senin (29/6).

Dirinya pun meminta semoga kepolisian ,baik polda sampai ke polsek dapat menuntaskan dan menangkap pelaku serta pelaku mendapatkan hukuman sesuai dengan undang undang yang berlaku.

“Jadi kami datang kesini supaya kader kader kami yang merasa terhina dan merasa tersinggung berat dengan kejadian ini dapat tenang dibawa karena proses hukumnya diserahkan kepada pihak yang berwajib,”Ungkapnya

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK mengatakan, Menerima tuntutan DPC PDIP Kabupaten Empat Lawang terkait pembakaran bendera Partai PDI perjuangan dijakarta

“Terima kasih atas kedatangan Partai PDI perjuangan dengan damai dan kami juga Minta dukungan kepada seluruh kader kader PDIP, agar polri selalu dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan semoga aktor dalam pembakaran bendera partai PDI perjuangan dijakarta secepatnya tertangkap,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending