oleh

SDM Petugas Damkar Penting

EL, Empat Lawang – Sumber Daya Manusia (SDM) petugas Pemadam Kebakaran (damkar) sangat penting karena petugas pemadam merupakan tugas yang berat bukanlah hal ringan menjalan tugas tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Empat Lawang H Edison Jaya saat membuka kegiatan peningkatkan Kemampuan Teknis Penanggulangan Bencana untuk petugas Badan Pemadam Kebakaran (BPK) dan satuan tugas reaksi cepat  (STRC) di aula Hotel Zulian Transit, Senin (25/3).

“Petugas pemadam merupakan tugas yang berat bukan tugas ringan, maka saya ras dipandang penting untuk dilakukan kegiatan karena periu ditingkatkan SDM petugas Damkar,” ungkapnya.

Karena penting Sekda meminta kepada semua peserta atau petugas damkar untuk mengikuti kegiatan pelatihan karena petugas damkar nanti akan menghadapi tugas yang berat kedepan.

“Nanti akan disampaikan materi dari narasumber dan ada praktek nanti, saya minta peserta untuk mengikuti pelatihan supaya bisa diterapkan,” pintanya.

Selain itu Sekda juga menyampaikan agar BPBD Empat Lawang kembali mengaktifkan pesat radio untuk ditiap kecamatan-kecamatan sebagai alat komunikasi sebab Sekda menilai meskipun sekarang ini sudah ada Handphone namun jaringannya masih terbatas untuk di Empat Lawang.

“Kami minta kepada BPBD untuk diaktifkan kembali pesawat radio untuk memonitor dikecamatan-kecamatan sebagai alat komunikasi, beda halnya dgn Handphone yang jadi kendala adalah sinyal,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Empat Lawang M Taufik mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari tiap kecamatan bahkan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari.

“Pelatihannya bukan hanya dalam aula hotel saja melainkan ada juga praktek diluar, nara sumber kita ambil dari Kabupaten Lahat dan TNI dan Polisi,” kata Taufik. (12).

BACA JUGA