oleh

Satu Puskemas Tidak ada Dokter

REL, Empat Lawang – Dari 10 puskesmas yang ada di Kabupaten Empat Lawang ternyata masih ada satu unit Puskemas yang belum memiliki Dokter, sementara 9 unit puskemas yang lain masing-masing sudah ada dokternya.

“Hanya satu puskesmas yang belum memiliki dokter yakni Puskemas Sikap Dalam, untuk puskemas di kecamatan lain sudah ada dokter,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Empat Lawang Wiwik Supriyantini melalui Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Deri Kurniawan saat dibincangi wartawan di ruang tugasnya, Selasa (9/4).

Menurut Deri, sewaktu penerimaan CPNS untuk formasi dokter dengan penempatan Kecamatan Sikap Dalam memang tidak ada, padahal waktu pengusulan CPNS sudah diusulkan oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Namun yang ada hanya formasi di Puskemas Tebing Tinggi, Kecamatan Saling dan di Rumah Sakit,” katanya.

Padahal lanjut Deri, Puskemas Sikap Dalam akan bekerja sama dengan BPJS, namun dikarenakan tidak ada dokter sehingga kapisitas pelayanan BPJS lebih sedikit jika dibandingkan dengan puskesmas yang sudah memiliki dokter.

“Solusinya tentu saja diperbantukan dokter dari puskesmas terdekat dan mengangkat dokter kontrak untuk bertugas di sana,” imbuhnya.

Sementara itu lanjut Deri, untuk jumlah dokter praktek mandiri, di Kabupaten Empat Lawang berdasarkan data yang sudah teregistrasi sebanyak 10 dokter terhitung dari 2018 lalu.

“Sedikit memang, karena selama ini dokter yang masuk ke Empat Lawang, setiap tahun berganti. SIP mereka hanya di Puskesmas dan RSUD,” akunya.

Adanya dokter internship yang bertugas di Kabupaten Empat Lawang, sebut dia, sangat membantu pelayanan keaehatan di Empat Lawang. “Terutama di RSUD Empat Lawang dan Puskesmas,” terangnya. (12)

BACA JUGA