oleh

Samsul : “Lematang Bisa Aliri 3000 Ha Sawah Baru

REL, Pagaralam –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, Drs Samsul Bahri Burlian MSi mengatakan, bahwa Kota Pagaralam menjadi salah satu kawasan strategis pembangunan Nasional dengan ditandai pelaksanaan pembangunan daerah irigasi di Lematang.

“Rencananya, di Lematang dapat mengairi sekitar 3000 ha areal sawah baru,” kata Samsul Bahri Burlian saat menghadiri musyawarah lanjutan pengadaan tanah di Hotel Favour Pagaralam.

Menurut Samsul Bahri, pembangunan di Lematang terus dievaluasi terkait percepatan penyelesaian pembangunan di Lematang. Terutama pada pengadaan tanah jaringan saluran jokoh dan salipayak.

Pengadaan tanah jaringan saluran jokoh dan salipayak tersebut, membutuhkan koordinasi dan sinergi antara integrasi terkait dan tim dalam mempersiapkan kebutuhan mempercepat penyelesaian agar terselesaikan lebih cepat dan dapat berfungsi sesuai target, serta bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat kota Pagaralam.

“Kita berharap musyawarah lanjutan ini, dapat mencapai kesepakatan yang mufakat dan dapat memberikan keuntungan, bagi masyarakat yang kena dampak dari pelaksanaan pembangunan saluran di Lematang,”tukasnya.

Sementara, Kepala BPN Kota Pagaralam Ayanto Hakim Basri SH MH mengatakan, ada 241 bidang di saluran jokoh dan salipayak, yang di musyawarah tahap pertama itu ada blanko yang diserahkan kalau ada yang keberatan, setelah direvisi oleh KJPP itu ada sebanyak 67 bidang.

“Lampirannya, sudah diserahkan kepada kami tertanggal 6 April 2021 lalu. Dan ini telah mengalami beberapa perubahan, tapi murni layak luasannya itu dari kantor KJPP,  jadi BPN hanya mengusulkan dan diusulkan lagi ke KJPP, sebab kita hanya meneruskan saja, sesuai dengan administrasi, sebab soal tanah di muka bumi ini, yang berurusan dengan tahan itu di BPN,” katanya terkait pengadaan tanah untuk daerah irigasi di Lematang. (Rer)

Komentar

BACA JUGA