oleh

Sampah Selokan Samping Telkom Penuhi 1 Unit Truck

REL, Empat Lawang – Pemandangan tak biasa dan bau tak sedap di sekitan Jalan Abubakardin Kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi begitu menyengat di hidung para warga yang tengah melintas.

Bagaimana tidak timbunan sampah yang diduga sudah selama berbulan bulan berbaris dan bergelimpangan di dalam Saluran Pembuangam Air Limbah (SPAL) masyarakat tepatnya berada di sebelah bangunan gedung Telkom.

Pantauan dilokasi, telihat gerombolan sampah tersebut tengah dibersihkan para petugas Dinas Kebersihan Kabupaten Empat Lawang bersama para petugas Pemadam Kebakaran dengan cara terjun langsung ke dalam SPAL masyarakat.

Aksi ini cukup menarik perhatian warga setempat, khususnya para warga yang tengah melintas. Karena selain para petugas kewalahan mengaisi tumpukan sampah dua armada yakni terdiri dari satu unit mobil pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan dan sau unit mobil pemadamkebakaran juga ikut diterjunkan.

“Tumpukan sampah ini sudah lama sekali tampaknya pak, bahkan sudah mengeras di dalam selokan (SPAL) ini,” ungkap Danang salah seorang warga Kecamatan Tebing Tinggi kepada REL saat dibincangi di sekitaran lokasi. Senin (8/10).

Dikatakan dirinya, parahnya lagi tumpukan sampah yang telah menggunung tersebut merupakan hasil dari pembuangan penduduk setempat seperti sampah plastik, sampah hasil rumah tangga. Dan beberapa sampah non organik lainnya.

“Itu sudah menyumbat aliran SPAL, wajar saja air selokan mampet begitu kalau sampahnya saja sudah hampir satu truck penuh di dapat dari sepanjang selokan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Danang, ini akibat masyarakat yang kurang kesadaran akan pentingnya kebersihan yang akan berdampak pada kesehatan. Terutama bagi kesehatan dan kebersingan lingkungan pemukiman mereka sendiri.

“Mobil damkar itu digunakan untuk menyemprot gorong yang sudah tersumbat akibat sampah, juga untuk memudahkan para petugas menarik sampah sampah yang sudah mengeras di dalam selokan,” bebernya.

Sementara itu, Ismail. Salah seoarang petugas di lokasi yang sempat dibincangi awak media menyampaikan, bahwa giat mereka kali ini menindaklanjuti dari kegiatan kebersihan di beberapa SPAL yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi seperti sebelumnya.

“Iya, beberapa pekan kemarin kita sudah bersihkan SPAL yang berada di sekitaran kawasan lorong talang padang hari ini kita di samping Telkom,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA