oleh

Sah! Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 13 April

REL, Empat Lawang – Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1442H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Hal inilah yang diungkapkan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kekankemenag) Kabupaten Empat Lawang, H Hasanuddin, Senin (12/4). “Alhamdulillah, berdasarkan sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H, maka 1 Ramadhan jatuh pada esok hari (hari ini, red),”katanya.

Diterangkan lagi olehnya, Kesepakatan ini diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis).

“Keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion disepakati dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021 Selasa besok pagi. Jadi malam ini sudah bisa melakukan salat Tarawih, nanti kita sahur. Setelah Subuh kita mulai menjalankan ibadah puasa,” katanya lagi.

Dirinya berharap, kepada umat muslim di Kabupaten Empat Lawang dapat melaksanakan ibadah puasa secara khusyuk. “Mari kita laksanakan ibadah puasa ini secara khusyuk. Meskipun pandemi Covid-19 masih mewabah. Namun ingat, protokol Kesehatan menjadi wajib diproritaskan,”tegas Kepala Kantor Kemenag Empat Lawang ini.

Sementara itu, Nurdiansyah (56) warga Tebing Tinggi Empat Lawang menyambut baik hasil siding isbat yang digelar oleh pemerintah dalam pelaksanaan 1 Ramadhan 1442 H. “Alhamdullilah, besok (hari ini, red) sudah mulai puasanya. Semoga puasa di tahun ini bisa khusyuk dan bisa diterima oleh Allah,”pinta Nurdin.

Komentar

BACA JUGA