oleh

Rumah Amin Nyaris Habis Dimakan Api

REL, Empat Lawang – Susunan kayu bakar yang dekat dengan salah satu rumah penduduk di Desa Batu Panceh Kecamatan Tebing Tinggi, tiba-tiba terbakar dan nyaris menjadi pemicu kebakaran besar di pemukiman padat penduduk di desa itu, Senin (8/10) sekitar jam 13.50 WIB.

Beruntung kesigapan warga setempat, berhasil menghindari kejadian kebakaran besar itu, meski api sudah ada yang sempat mejilat salah satu dapur rumah warga yang terdekat dengan kobaran api yang sudah terlanjur membesar.

Pantauan dilapangan, tumpukan kayu bakar yang disusun rapi dalam rumah-rumahan di belakang pekarangan belakang rumah warga itu diketahui milik Amin, warga setempat. Tidak diketahui jelas apa penyebabnya hingga api tiba-tiba membesar membakar tumpukan kayu bakar yang hanya berjarak kurang lebih 2 meter dari dapur rumah warga tersebut. Namun demikian, kejadian tersebut sempat membuat heboh seluruh kampung lantaran api diketahui warga sudah sangat membesar dan nyaris meluluhlantakan pemukiman warga sekitar.

Bahkan, beberapa rumah warga di sekitar kejadian, kocar-kacir mengosongkan rumah dari perabotan rumah tangga, untuk berjaga-jaga, jika benar-benar terjadi musibah kebakaran dan beberapa diantaranya, berupaya menelpon petugas pemadam kebakaran, meminta bantuan pemadaman.

“Untung saja kondisi kampung sedang ramai. Jadi, api cepat langsung dijinakan warga, kalau tidak, satu kampung bisa habis terbakar,” ujar Eti, salah seorang warga.

Dirinya kata Eti, tidak tahu persis apa penyebab kebakaran pada tumpukan kayu bakar tersebut. “Bisa dari anak-anak yang main api dekat situ atau puntung rokok yang dibuang sembarangan. Sebab, kondisi musim panas, membuat daun-daun pohon sangat kering dan mudah terbakar,” jelasnya.

Ditempat sama, Agus Salim warga Desa Batu Panceh juga tidak begitu tahu dari mana asal api, sebab keluarga Amin (Pemilik Rumah) tidak menggunakan kayu bakar untuk memasak melainkan memakai gas.

“Enath dari mana api, tiba-tiba kami tahu api sudah membesar sampai bagian belakang rumah api terkena api, beruntung warga cepat sehingga api bisa dipadamkan berkat gotong royong warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, M Taufik saat dikonfirmasi membenarkan ada info kebakaran di Desa Batu Panceh, petugas damkar BPBD Empat Lawang telah menggerahkan dua unit mobil kelokasi.

“Yah, tadi saya dapat info ada kebakaran di Desa Batu Pance, dua unit damkar sudah kelokasi,” katanya. (12).

BACA JUGA