oleh

Rp400 Miliar Tiap Tahun Lepas

REL, Empat Lawang – Kabupaten Empat Lawang saat ini sudah lepas dari kategori daerah tertinggal yang surat keputusannya dikeluarkan langsung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Namun lepas dari daerah tertinggal, Kabupaten Empat Lawang banyak mengalami kerugian. Terutama dari segi bantuan pembangunan dari pemerintah pusat.

Informasi dihimpun, Kabupaten Empat Lawang yang berselogan “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati” keluar dari daerah tertinggal tahun 2014. Sejak 2015 bantuan pembangunan untuk daerah tertinggal tidak diterima lagi.

Sekda Empat Lawang, Edison Jaya menyayangkan Kabupaten Empat Lawang lepas dari daerah tertinggal. Dikatakannya, sejak 2015 ada sekitar Rp300 sampai Rp400 miliar per tahun dana yang lepas dari Empat Lawang, karena sudah tidak lagi menjadi daerah tertinggal.

“Di dusun-dusun saat ini masih ada yang belum berlistrik, masiha ada warga yang belum memiliki jamban atapun sanitasi. Ini merupakan kategori daerah tertinggal,” kata Edison, Kamis (27/9).

Edison mencontohkan daerah tetangga yang sampai dengan saat ini masih berstatus sebagai daerah tertinggal, padahal daerah tersebut mempunyai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang cukup besar dibandingkan dengan Empat Lawang.

“Tentu saja hal ini yang sedang kita upayakan agar Empat Lawang bisa mendapatkan dana tambahan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di daerah yang sampai saat masih menempati Rumah Tak Layak Huni (RTLH),” ungkapnya. (12)

BACA JUGA