oleh

Relawan Demokrasi Bantu KPU Sosialisasikan Pemilu

REL, Empat Lawang – Puluhan masyarakat Kabupaten Empat Lawang antusias mendaftarkan diri. Sebagai anggota relawan demokrasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, Rabu (16/1).

Para relawan demokrasi ini nanti akan membantu tugas KPU Kabupaten Empat Lawang dalam rangka mensosialisasikan Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang Ali Amin melalui Komisiner Divis Teknis Penyelenggaraan Abu Yamin mengatakan. Sampai pukul 14.45 WIB, sudah ada 49 orang yang mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi.

“Kemungkinan besar akan bertambah lagi. Karena banyak dari kecamatan lain yang belum datang menyerahkan berkas,” kata Yamin.

Dijelaskannya, jumlah relawan demokrasi yang diterima sebanyak 55 orang. Dan hari ini  merupakan hari terakhir pendaftaran. Tapi, kalau kuotanya belum sampai 55 orang, maka pendaftaran akan diperpanjang satu hari lagi.

“Proses penerimaan relawan demokrasi ini dimulai pada tanggal 14 Januari hingga tanggal 16 Januari 2019. Setalah itu pada tanggal 18 Januari akan dilakukan seleksi wawancara,” jelasnya.

Selanjutnya pengumuman akhir 20 Januari dan tanggal 21 Januari pembekalan para relawan. Tugas mereka yakni membantu KPU mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019 kepada masyarakat lebih kurang 3 bulan kedepan.

Fasilitas yang didapat para relawan berupa honor Rp750 ribu per bulan, dapat rompi dan sertifikat. Para relawan dibagi menajdi 10 basis antara lain keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan dan warga internet.

“Para relawan demokrasi 10 basis ini nanti akan disebar keseluruh kecamatan di Empat Lawang ini. Mereka akan mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019 di basis mereka masing-masing,” pungkasnya. (eno/rel)

BACA JUGA