oleh

Qobal : Lebih mengedepankan Hak Masyarakat

  • Panwaslu Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran DPS

 

REL, Empat Lawang – Menyikapi sejumlah polemik yang terjadi memasuki tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Empat Lawang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) gelar rapat koordinasi bersama instansi pemerintahan dan stake holder lainnya di Gedung Aula Hotel Zulian, Senin (5/4)

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk  pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang periode 2018-2023.

Yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Edison Jaya yang diwakili Asisten tiga Setda Empat Lawang, Qobal Antoni, para perwakilan dari pihak KPUD Empat Lawang, Disdukcapil, Kesbangpol, Kemenag Empat Lawang, Kejari Empat Lawang, Polres Empat Lawang, Koramil Tebing Tinggi. Forum Kominikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Empat Lawang.

Dalam rapat tersebut Ketua Panwaslu Empat Lawang mengajak seluruh instansi pemerintahan dan lembaga lainnya yang hadir untuk berkerja sama, memberikan saran, solusi dan berbagi strategi langkah supaya polemik terhadap pendataan mata pilih sementara ini dapat lebih efektif.

“Mari kita sama-sama merumuskan secara bersamaan supaya pendataan DPS ini dapat memberikan hasli yang lebih efektif, melalui rapat koordinasi diruangan ini,” Ujarnya

Dikatakan Rudi seluruh saran untuk pengakurasian bagi DPS untuk masyarakat dari seluruh stake holder yang hadir ini, dapat menjadi langkah pihaknya dalam persiapan terhadap indikator bentuk pengawasan.

“DPS ini harus akurat sesuai dengan data, jangan sampai hak masyarakat seperti ini tidak terpenuhi dan menjadi polemik,” Katanya

Ditambahkan Anggota Komisioner Panwaslu Empat Lawang, Andri Logan menyampaikan bahwa belakangan ini banyak gejolak masyarakat terkait DPS, namun semua itu terutama persoalan DPS masih dalam masa perbaikan KPU Empat Lawang.

“Gejolak ini terjadi karena sebagian nama-nama warga belum  tercantum sebagai DPS, PPDP tidak sesuai dengan daftar coklit sehingga hasil pencoklitan tidak menimbulkan data yang efektif, untuk itulah gunanya kita berkumpul bersama disini,” Cetusnya

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Empat Lawang yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang melalui Asisten Tiga Setda Empat Lawang, Qobal Antoni meminta kepada para peserta rapat lainnya agar mengedepankan ketentraman dalam Pilkada ini. ” saya mengharapkan Pilkada kita tahun ini berjalan dengan tentram dan sukses, maka dari itu hasil daripada rapat koordinasi yang akan dilakukan ini dapat menghasilkan langkah yang maksimal,” Tandasnya. (Mg14)

BACA JUGA