oleh

PTPS Tulang Punggung Dalam Pengawasan Pemilu

REL, Empat Lawang – Pasca seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Empat Lawang mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) persiapan pelantikan dan pelatihan bagi PTPS yang di gelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Empat Lawang mingu (24/3) kemarin. Hari ini Senin (25/3) ratusan para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) seKabupaten Empat Lawang resmi dilantik.

Pelantikan para PTPS ini dilakukan secara serentak di Sepuluh Kecamatan yang ada tersebar di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati dengan Ketua Panwascam wilayah masing masing sebagai pengambil janji dan sumpah mereka sekaligus melantiknya.

Dari data yang berhasil di himpun melalui Bawaslu Kabupaten Empat Lawang diketahui bahwa jumlah secara keseluruhan PTPS yang dilantik tersebut ada sebanyak 931 orang. Yang terdiri dari Kecamatan Muara Pinang 126 PTPS, Pendopo 126 PTPS, Ulu Musi 74 PTPS.

Kemudian Kecamatan Tebing Tinggi 183 PTPS, Talang Padang 48 PTPS, Lintang Kanan 114 PTPS, Pasemah Air Keruh 91 PTPS, Sikap Dalam 70 PTPS, Saling 58 PTPS, dan di Kecamatan Pendopo Barat sebanyak 41 PTPS.

Ketua Bawaslu Empat Lawang ketika menghadiri pelantikan serta pelatihan atau Bimbingan Teknik (Bimtek) PTPS di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang menyampaikan bahwa setelah seluruhnya dinyatakan lulus terpilih menjadi PTPS akan bertugas di Kecamatan mereka masing masing.

“Anggota PTPS se-Kabupaten Empat Lawang ini dilantik secara serentak di setiap Kecamatan. Dan setelah itu akan bertugas di masing masing TPS,” ungkap Rudi Yanto didampingi Anggota Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Andri Logan saat berada di aula MTS Al Khair Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Senin (25/3).

Dikatakan Rudi Yanto, pengambilan sumpah jabatan sebagai anggota PTPS akan dilanjutkan dengan pemberian pengarahan mengenai fungsi kerja selaku petugas PTPS yang nantinya akan mereka kerjakan dan laporkan pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Kita lanjutkan dengan pelatihan bagi seluruh petugas PTPS guna pemahaman fungsi serta tata cara kerja PTPS sesuai dengan tugas dan tupoksi kerja sebagai PTPS yang nantinya akan bertugas di setiap penempatan TPS mereka,” katanya.

Rudi Yanto menyampaikan bahwa pihak Bawaslu Kabupaten Empat Lawang dengan adanya pelantikan para PTPS tersebut. Pengawasan di setiap TPS dapat dilakukan secara maksimal dan selalu mengutamakan serta menjaga netralitas selaku petugas pengawas.

“Bahwasannya para petugas PTPS ini dapat mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 dengan bekerja sebagai pengawas di tempat atau lokasi TPS mereka masing masing secara jujur dan adil serta bertanggung jawab. Inilah bentuk netralitas bagi pengawas dalam pesta demokrasi tersebut,” jelas Rudi Yanto secara singkat.

Kemudian selanjutnya, sambung Ketua Bawaslu untuk Kabupaten Empat Lawang dalam Lima Tahun kedepan ini. Bahwa pihak Bawaslu Kabupaten Empat Lawanh menugaskan mereka yakni para petugas PTPS tersebut sebagai tulang punggung kinerja pengawas dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Kita tugaskan mereka di tiap TPS dalam 10 Kecamatan pada Pileg dan Pilpres 2019 setelah kita berikan bimbingan teknik terlebih dahulau supaya tidak terjadi kesalahan saat menjalankan tugas serta lebih mengerti menjalankan kinerja pengawasan di setiap TPS nanti,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA