oleh

Program PTSL di Empat Lawang Sasar 53 Desa

REL, Empat Lawang – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun ini menyasar sebanyak 53 Desa di Kabupaten Empat Lawang. Dalam program PTSL tersebut, target tahun 2020 sebanyak 15 ribu bidang tanah. Hal inilah yang diungkapkan Kepala Badan Pertanahan (BPN) Empat Lawang melalui Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Hukum Pertanahan, Aspin Prayogi didampinggi oleh Kasubsi Pendaftaran, Julio Putra.

“Kita tahun ini punya program dari pemerintah pusat dengan nama PTSL. Dimana, dari program ini ada sebanyak 53 desa di Kabupaten Empat Lawang yang menjadi sasaran dari PTSL ini. Untuk target tahun ini terutama dari pemerintah ada ebanyak 5 ribu bidang tanah. Namun ditambah dengan partisipasi dari masyarakat sebanyak 10 ribu. Jadi total target ada 15 ribu bidang tanah untuk di tahun 2020,”katanya, Rabu (18/3).

Dirinya mengatakan, dari 53 desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang yang masuk dalam sasaran PTSL, meliputi 8 kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Muara Pinang, Pendopo, Pendopo Barat, Paiker, Sikap Dalam, Talang Padang, dan Kecamatan Lintang Kanan.

“Untuk sosialisasi, Alhamdulillah sudah kita lakukan awal Januari lalu, Dimana saat ini, kita sedang bergerak melakukan pengukuran tanah. Bahkan, sampai saat ini lebih kurang 2 ribu bidang tanah sudah diukur. Apalagi, tahun ini target kita harus cepat,”ujarnya.

Diterangkannya lagi, PTSL merupakan program strategis nasional, dalam rangka memberikan kepastian hukum dan fakta atas kepemilikan bidang tanah. Bahkan katanya lagi, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak. Hal itu meliputi semua obyek pendaftaran tanah, yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa. “Melalui program PTSL, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat,” tandasnya.

Bahkan ia menambahkan, program PTSL yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melaui BPN, tidak dipungut biaya atau gratis. “Ya, gratis. Namun untuk persyaratan yang harus dilengkapi dalam keikutsertaan program PTSL ini meliputi, identitas diantaranya, KTP, KK, alas hak tanah, pengisian blanko, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),”tukasnya lagi.

BACA JUGA