oleh

Presiden Jokowi Resmi Lantik Andika Perkasa jadi Kasad

JAKARTA – Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal Mulyono yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan ini ditandai dengan pembacaan sumpah jabatan yang lansung Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Pembacaan sumpah jabatan dengan cara Islam ini kemudian diikuti oleh Andika yang mengenakan pakaian resmi Angkatan Darat.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengam sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan setia menjunjung tinggi Sumpah Prajurit,” demikian Presiden Jokowi menuntun pengambilan sumpah jabatan KSAD Jenderal Andika.

Setelah itu, Jokowi maju mencopot pangkat bintang tiga Andika dan menyematkan pangkat bintang empat atau menjadi jenderal, lalu presiden menepuk bahu Andika tiga kali sambil tersenyum untuk kemudian diiringi lagu Bagimu Negeri.

Pelantikan Andika sebagai Kasad ini tertuang di dalam Keputusan Presiden 97/TNI Tahun 2018 yang ditandatangani pada 22 November 2018.

Acara pelantikan ditutup dengan pengucapan selamat oleh Presiden Jokowi, para menteri dan pimpinan lembaga negara serta para tamu yang hadir.

Pendahulu Andika, Mulyono, turut menyaksikan langsung upacara pelantikan tersebut. (fin)

 

BACA JUGA