oleh

PPPK Tahap 1 Belum Dilantik

REL, Tebing Tinggi – Sampai Saat ini para calon Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) kabupaten Empat Lawang yang dinyatakan lulus pada seleksi tahap I belum diangkat dan dilantik.

Hal itu dibenarkan oleh Plt Kepala BKPSDM Empat lawang  Soleha Apriani didampingi kepala bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Nurbaiti, saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019).

“Iya, sejauh ini para peserta yang tes PPPK kabupaten Empat Lawang yang dinyatakan lulus pada tahap I kemarin belum dilantik dan diangkat, karena kami belum menerima petunjuk tehknis (Juknis) dari Kemenpan,” katanya.

Masih dikatakannya, bukan hanya di Empat Lawang saja yang mengalami kendala namun sifatnya nasional atau se-Indonesia pun juga mengalami kendala yang sama.

“Kami kemarin sudah mengikuti rakor di Kementrian dan itu terdapat banyak masalah terutama di formasinya sendiri,” ungkapnya.

Dan mengenai penggajiannya sendiri lanjut Nurbaiti, juga belum ada petunjuk dan mekanisme penggajian, dan pihaknya sudah konsultasi dengan Pemkab Empat Lawang guna membahas hal tersebut.

“Sebelumnya kita sudah konsultasi ke BPKAD dan Bupati Empat lawang guna membahas gaji dan segala macam, jadi kalau Bupati setuju kita akan laksanakan sebab ini kan kata kuncinya ada di Bupati jadi kalau Bupati ngomong lanjut ya kita lanjut kalau katanya berhenti ya kita akan berhenti karena kita juga belum tau PPPK ini akan dikontrak per tahun atau lima tahun sekali, serta APBD kita sanggup atau tidak untuk menggajinya,” tuturnya.

Dirinya juga menghimbau kepada honorer kategori dua (K2) yang mempertanyakan nasib mereka apakah masih ada pengangkatan atau prioritas CPNS untuk kabupaten Empat Lawang ke depan kemungkinan tidak ada lagi pengangkatan.

“Honore K2 sekarang ini dipastikan tidak ada lagi pengangkatan jadi kami menghimbau manfaatkanlah momen perekrutan PPPK ini, sebab yang sudah diusulkan itu seribuan formasi pada tahap II yang akan diusahakan tes di bulan Oktober mendatang dan sifatnya terbuka atau umum,” ungkapnya.

Sementara, Toni salah seorang guru Honorer di salah satu SMA Negeri di Tebing Tinggi yang mengikuti Tes PPPK tahap I dan dinyatakan lulus, berharap agar kejelasan pengangkatan PPPK di Empat Lawang segera direalisasikan.

“Alhamdulillah, saya waktu pengumuman di bulan Maret lalu nama saya dinyatakan lulus namun sampai sekarang belum ada kabar akan diangkat, atau mungkin pemerintah akan menggabungkan dengan peserta yang lulus di tahap II nanti sebab kami yakin cepat atau lambat kami pasti dilantik,” pungkas Toni. (Mg15)

BACA JUGA