oleh

Posko Pemantau Arus Mudik Segera Bertengger

REL, Empat Lawang – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tentunya arus mudik padat merayap di sejumlah jalan lintas, tak pelak Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang ada di Kabupaten Empat Lawang juga akan mengalaminya.

Mengantisipasi hal itu Dinas Perhubungan berkerja sama dengan beberapa instansi lainnya menempatkan sejumlah Posko pemantauan serta tempat istirahat para pemudik yang melintas.

“Kita telah menyiapkan lima posko pemantauan untuk Jalinsum Kabupaten Empat Lawang dengan dijaga oleh para personil yang telah ditentukan baik jumlah dan lokasinya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Rapani melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Empat Lawang, Munsirman.

Pendirian posko ini kata dirinya akan dijaga baik dari petugas Dishub, pihak Kepolisian, Satpol PP Empat Lawang, dan juga dibantu oleh anggota Pramuka.

“Disetiap Posko akan dijaga beberapa personil bahkan nantinya adik-adik kita dari pramuka juga turut membantu memonitoring arus lalu lintas di setiap titik posko yang telah didirikan,” katanya. Kepada REL, rabu (6/6).

Dijelaskan oleh dirinya titik pendirian lokasi posko pemantau arus mudik ini ada tiga tenda dan dua titik penjagaan yakni dimulai dari simpang tiga jalan poros, Talang Gunung, Pasar Tebing Tinggi dan juga satu lagi berada diwilayah Kecamatan Pendopo.

“Penjagaan ini akan kita mulai dari hari kamis (7/6) sampai dengan hari sabtu (23/6), jadi arus mudik akan kita pantau selama dua minggu lebih atau lebih tepatnya berlangsung selama delapan belas hari kedepan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Munsirman. Pemasangan sejumlah posko ini harus diselesaikan segera segala sesuatunya pada sore ini (rabu, red) oleh para personilnya yang telah ditugaskan.

“Persiapan sudah kami jalankan, tinggal lagi menempatlan dinding pembatas seputran tenda agar lebih tertib,” tandasnya. (Mg14).

BACA JUGA