oleh

Porbi Kembali Hidup Ditengah Para Petani

REL, Empat Lawang – Beranjak dari rasa keperdulian terhadap para petani di Desa Pancurmas Kecamatan Tebing Tinggi yang kerap kali mengeluh karena banyaknya hama babi hutan menyerang hasil pertanian mereka.

Komunitas para Pemburu Babi (Porbi) Kabupaten Empat Lawang bergerak mengajak masyarakat Desa setempat untuk membashi hama babi hutan melalui perburuan bersama komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2012 lalu.

Tak kurang dari 150 ekor anjing pemburu dilepaskan oleh para anggota Porbi dari berbagai macam Kecamatan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini. Kegiatan tersebut sangat disambut baik para penduduk Desa Pancurmas serta di dukung Kepala Desa setempat.

Selain itu, momentum ini juga sekaligus kembali mengaktifkan lagi Porbi Kabupaten Empat Lawang yang telah vacum selama kurang lebih 3 tahun lamanya sejak redupnya kegiatan di lapangan.

“Anggota yang ikut terjun ke hutan memburu hama babi ini ada sebanyak 80 orang, dengan 150 ekor anjing pemburu,” ujar Martin salah seorang tokoh organisasi Muhamadiyah. Rabu (30/1).

Menerut Martin, pada kesempatan ini bukan hanya anggota Porbi Empat Lawang saja yang hadir. Namun dari Kabupaten luar seperti dari Kabupaten Kepahyang, Curup, dan Porbi dari Lubuk Linggau juga ikut menjajal perburuan hama babi hutan di Pancurmas.

“Alhamdulillah kita di sambut serta di jamu oleh Kepala Desa Pancurmas dan berkesempatan ngopi bersama masyarakat penduduk Desa nya sebelum perburuan dimulai,” terang pemuda yang juga merupakan inisiator kembali tergeraknya Porbi Empat Lawang tersebut.

Ditambahkan Bobi Aswan Porbi Empat Lawang dari Kecamatan Sikap Dalam yang ikut serta dalam kegiatan ini. Bahwa kegiatan mereka tersebut secara tidak langsung telah membantu pemerintah, tak hanya bagi para petani desa saja.

“Karena porbi ini sedikitnya bisa membantu pemerintah, terutama bagi Dinas pertanian dan ketahanan pangan dalam rangka mengendalikan hama tanaman,” katanya

Sementara itu, Kepala Desa Pancurmas Zahirin mengatakan sangat bertrimakasih dengan adanya kegiatan yang telah membantu para petani di desa nya ini dalam rangka meringankan dan membasmi hama babi hutan yang acap kali menjadi musuh petani desa.

“Dengan ini pengendalian hama tanaman seperti babi hutan dapat kita basmi secara bersama sama. Manfaatnya tentu sangat baik bagi para petani kita disini,” ungkapnya.

Masyarakat Desa Pancurmas disini, lanjut Zahirin. Berharap bisa terus diadakan kegiatan perburuan hama babi guna membantu petani di pedesaan menjaga ladang pertaniannya dari ancaman hama.

“Iya, perburuan hama babi seperti ini kita berharapnya agar terus dan dapat selalu dilaksanakan dengan rutin minimal sebulan 2 kali,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA