oleh

Polisi Bidik Pungli Wali Murid

REL, Empat Lawang – Pagi hari sekira pukul 10.00 Wib para pelajar SMPN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang dikagetkan oleh kedatangan sejumlah anggota Polres Empat Lawang guna mengadakan sosialisasi Stop Pungutan Liar (pungli) terhadap orang tua atau wali murid pelajar sekolah. Senin (18/3).

Kehadiran anggota polisi dari Mapolres ini tampak dikomandoi oleh orang nomor Dua di Polres Empat Lawang yakni Wakapolres Empat Lawang Kompol Raphael Bukit Jaya Lingga. Turut hadir juga kepala kantor Inspektorat Empat Lawang Muhamad Daud yang diwakili Inban serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang Rita Purwaningsih.

Pada kesempatannya Wakapolres Empat Lawang Kompol Raphael menyampaikan supaya sosialisasi yang diberikan dapat dipahami, dicerna, maksud dan tujuan dari segala materi terlait saber pungli tersebut. Hal itu dikarenakan pemahaman terhadap segala peraturan di dalam hukum undang undang merupakan kewajiban setiap warga negara.

“Kami dari Team Saber Pungli Polres Empat Lawang akan selalu memberi pemahaman tentang masalah hukum Cyber Crime  kepada pihak sekolah di manapun khususnya di dalam wilayah hukum Polres Empat Lawang agar terhindar dari hukum tindak pidana,” ujarnya.

Ditambahkan Kompol Raphael yang juga merupakan Ketua Team Saber Pungli Polres Empat Lawang bahwa setelah pemberian pemahaman pelanggaran hukum melakukan pungli sudah disosialisasikan oleh pihaknya. Maka, di harapkan jangan sampai coba coba melakukan tindak pidana pungli baik itu pihak sekolah maupun bagi masyarakat Kabupaten Empat Lawang pada umumnya.

“Saya berharap bisa memahami ketentuan yang berlaku, melalui sosialisasi yang diberikan kita bisa terhindar dari jeratan hukum tindak pidana pungli, apalagi sampai melakukan pungli terhadap wali murid sekolah. Kasihan mereka meyekolahkan anaknya jika harus ada tipu tipu,” tuturnya.

Wakpolres juga mengatakan bahwa pengertian atau himbauan melalui sosialisasi yang diterapkan secara langsung dengan bertatapan muka serta berdiskusi kepada warga di setiap lini dan tentunya kepada seluruh lapisan masyarakat harus mendapatkan pemahaman hukum untuk kebaikan diri sendiri tentunya.

”Kita tidak hanya melalui setiap sekolahan saja. Akan tetapi, penggalakan larangan pungli akan terus kami siarkan kepada setiap elemen lapisan masyarakat. Termasuk untuk selalu melayani dan menerima segala bentuk laporan dari masyarakat bila mana terjadi pungli di lingkungan masyarakat,” kata Raphael dihadapan pelajar dan para guru SMPN 1 Tebing Tinggi.

Sementara itu, kepala sekolah SMPN 1 Tebing Tinggi Setyo Hariono menyambut baik prihal kedatangan Team Saber Pungli Polres Empat Lawang mengenai kegiatan sosialisasi Stop Pungli yang diadakan di dalam lingkungan SMP N 1 Tebing Tinggi tersebut.

”Saya mewakili atas nama pihak sekolahan mengucapkan terimakasih, sosialisasi ini tidak hanya bagi kami para pengajar atau pendidik saja sangat memberikan manfaat, tetapi juga bagi orang tua atai wali murid,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA