oleh

Pokja RSUD Persiapkan Penilaian Akreditasi Paripurna 2020

 

REL,Empat Lawang – Pihak RSUD Empat Lawang saat ini mempersiapkan secara maksimal untuk penilaian Akreditasi Paripurna tahun 2020 untuk mewujudkan pelayanan terbaik berkualitas dan profesional.

Termasuk 15 kelompok kerja (Pokja). Ada beberapa Pokja yang saat ini telah siap untuk penilaian Akreditasi Paripurna tahun 2020.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tebing Tinggi dr.Devy Andriyanti melalui Kabid Perawatan Satriani S.kep, mengatakan untuk tahun 2020 berdasarakan penilaian SNARS edisi 1.1 Pokja meningkat menjadi 15, yang mana sebelumnya ditahun 2017 hanya empat pokja.

“Ditahun 2017 pokja hanya ada empat yakni pokja Hak dan Kewajiban Pasien (HPK), Pencengahan Pengendalian Infeksi (PPI), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Kompentensi Kewenangan staf (KKS). Sedangkan tahun 2020 ini ada 15,” bebernya, Kamis (20/02/2020).

Pihaknya, kata Satriani akan memberikan contoh pokja dan tugasnya serta persiapan. “Untuk pokja yang lainnya nanti akan kita sampaikan lagi,” ujarnya.

Ketua Pokja Kompentensi Kewenangan staf (KKS) A. Sonef. S.Sos mengatakan, persiapan sudah hampir 100 persen.

“Tugasnya yakni memberikan Penilaian, penempatan, tugas kepada pegawai dengan cepat dan akurat sesuai dengan kemampuan yang bersangkutan,” ujarnya.

Sedangkan ketua Pokja Manajemen komunikasi dan Edukasi (MKS) Mira Oktriani AM, Kep mengatakan, bahwa tugasnya pokja inintuk meningkatkan komunikasi antar staf klinis, pasien dan keluarga.

“Hngga kini persiapan sudah maksimal hanya sekdar memperbaiki simulasi saja,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Pokja Manajeman Informasi dan Rekam Medis (MIRM) Jis Aprianti mengaku persiapan penerapan sudah mencapai 80 persen. “Kendalanya hanya di Penerapan sistem informasi manajeman (Sim) rumah sakit. Pada tahun ini Rs telah berusaha menpersiapkan penerepan, penyedia informasi dan menyiapkan dokumen dokumen untuk pasien yang berobat,” tuturnya.

Sementara Ketua Pokja Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) Novi Mariska, S,Kep. Ners
persiapan sudah mencapai 85 persen serte meningkatan kesalamatan pasien yang ada di Rumah Sakit. “Kendalanya ada sedikit perubahan berkas di penilaian SNARS edisi 1.1 tahun 2020 dibandingan tahun 2017 tadinya xc w7 mx,” tukasnya.(Mg20).

BACA JUGA