oleh

Pleno Rekapitulasi Pilgub Berlangsung Awet

REL, Empat Lawang – KPU Empat Lawang gelar Rapat pleno terbuka pengumuman hasil rekapitulasi perhitungan surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Empat Lawang tahun 2018 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Empat Lawang, Rabu (4/7).

Pantauan saat berada didalam ruang rapat sejumlah saksi dari para perwakilan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur banyak melakukan penyanggahan terhadap jumlah hasil surat suara dari setiap Kecamatan, sehingga rapat pleno tersebut berlangsung dengan awet dan tegang.

Dan akhirnya berujung para perhitungan surat suara dengan hasil rekapitulasi yang disampaikan pihak KPU Empat Lawang bahwa Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur dengan nomor urut 4 sebagai Paslon yang memperoleh suara tertinggi dari 10 Kecamatan di Empat Lawang, yakni Paslon Nomor 4 Dodi Reza Alex-M. Giri Ramanda Nazaputra dengan jumlah suara sebanyak Lima puluh delapan ribu delapan ratus tujuh puluh enam (58876) surat suara.

Sedangkan untuk ketiga Paslon lainnya, yakni Paslon Nomor urut 1 H. Herman Deru dan H. Mawardi Yahya mendapatkan sebanyak 19992 suara, untuk Paslon Nomor urut 2 yaitu H. Aswari Rivai – M. Irwansyah sebanyak 18517 Surat suara yang diperoleh, dan untuk Paslon Nom Urut 3 H. Ishak Mekki dan Yudha Pratomo Mahyudin berjumlah 35788 surat suara yang diperoleh.

Ketua KPU Empat Lawang Mobius Alhazan dalam rapat pleno terbuka ini mengambil alih sebagai pimpinan rapat selama prosesi jalannya rapat pleno terbuka KPU Empat Lawang yang di hadiri oleh sejumlah tamu undangan.

“Saya berharap, jika terdapat sanggahan atau persialan dalam pelaksaan rapat pleno terbuka, silakan segera disampaikan selama jalannya pleno, agar dapat diselesaikan bersama dalam rapat,” Kata Mobius Alhazan

Dalam rapat pleno tersebut, lanjut Mobius, semua hak-hak para saksi dari Paslon dan ketetapan dalam aturan telah disampaikan serta haru di ta’ati segala hasil putusan rapat yang telah disepakati dan dilaksanakan bersama. “Tentu saja jika terdapat adanya selisih surat suara akan kita selesaikan dalam rapat itu juga ya, dan harus sesuai dengan SOP nya,” tukasnya.

Sampai berita ini diterbitakan prosesi jalannya rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi surat suara Pilgub Sumsel dan Pibup Empat Lawang tahun 2018 yang di gelar KPU Empat Lawang di kantor DPRD baru selesai hasil dari perhitungan surat suara Pilgub sumsel  dari 10 Kecamatan yang ada Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Sementara itu, diluar ruangan rapat Pleno KPU Empat Lawang penjagaan disekitar lokasi steril dan dijaga ketat oleh aparat TNI, Polri, Dishub dan Pol PP, termasuk mobil damkar BPBD Empat Lawang di Stand by kan.

Selain itu, bagi kalngan masyarakat yang hendak ingin melintasi atau masuk ke sekitar kantor DPRD Empat Lawang terpaksa menggunakan jalan lain karena simpang amsuk kantor DPRD jalan sudah ditutup dan dijaga oleh personil TNI dan Polri.

Bahkan undangan atau tamu yang ingin masuk harus melewati tiga ring dengan diperiksa barang bawaan ditambah lagi harus ada id card khusus yang telah disiapkan panitia.

Bagi tamu undangan yang ingin masuk kendaraan bermobil harus parkir di halaman Pemkab Empat Lawang dan berjalan kaki menuju kekantor DPRD termasuk kendaraan bermotor.

Pasukan pengamanan rapat pleno terbuka ini, telah dibagi menjadi tiga ring dengan tugas dan kewajiban yang telah dtentukan sebelumnya, dan mempunyai fungsi serta tanggung jawab terhadap keamanan disekitaran lokasi berlangsungnya pleno. “Kita inginkan Kondusifitas Empat Lawang ini sampai pelantikan nanti, jangan sampai sikon yang telah kondusif ini tercoreng, oleh sebab itu kita akan tindak tegas bagi siapa saja pelaku yang mencoreng kondusifitas pilkada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini,” jelas Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setiawan. (mg14).

 

 

 

Hasil rapat pleno rekapitulasi Perolehan suara tingkat kabupaten Pilkada Gubernur sumsel 2018

  1. Paslon 1 Perolehan suara : 19.992 suara. 15,01 %
  2. Paslon 2 Perolehan suara : 18.517 suara. 13.90 %
  3. Paslon 3 Perolehan suara : 35.788 suara. 26,87 %
  4. Paslon 4 Perolehan suara : 58.879 suara. 44,21 %

–¬† Jumlah pemilih dlm DPT + DPPH (pindahan) + DPTB (tambahan pemilih KK/KTP) : 199.962 suara

– Jumlah TPS : 545 TPS (100 %)

– Jumlah pengguna hak pilih : 139.468 suara.

– Suara Sah dan Tidak Sah : 139.468 suara.

  1. Jumlah suara sah : 133.176 suara
  2. Jumlah suara tidak sah : 6.292 suara

 

Sumber KPUD Empat Lawang

BACA JUGA