oleh

Pleno KPU, Joncik-Yulius Raih Suara Terbanyak  

REL, Empat Lawang – Setelah rehat beberpa menit usai melaksanakan Rapat Pleno Terbuka hasil Perhitungan Pilgun Sumatera Selatan sekitar pukul 19.40 wib pada rabu malam (4/7). Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Empat Lawang melanjutkan Rapat Pleno Terbuka dan telah mengesahkan hasil perhitungan suara Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang yang berakhir sekira pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

Rapat Pleno Terbuka penghitungan suara yang di gelar dalam ruang rapat paripurna gedung DPRD Empat Lawang tampak berbeda suasana dari perhitungan surat suara Pilgub Sumsel.

Pasalnya jika saat prosesi perhitungan surat suara Pilgub banyak sekali sanggahan yang di lontarkan para saksi dari masing-masing paslon, akan tetapi pada saat perhitungan Pilbup tak banyak sanggahan yang dilontarkan para saksi.

Sehingga, prosesi rekapitulasi perhitungan surat suara Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang berjalan dengan lancar, dan selesai dalam penjagaan pengawalan keamanan hingga kamis (5/7) pagi.

Adapun hasil pantauan dilokasi ketika perhitungan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang telah disahkan oleh pihak KPUD Empat Lawang dalam Rapat Pleno Terbuka ini, diketahui bahwa Paslon Nomor urut 2 yakni Joncik Muhamad – Yulius Maulana dinyatakan lebih unggul dengan memperoleh surat suara sebanyak Delapan puluh satu ribu tiga ratus sembilan puluh enam (81.396) suara atau dengan jumlah persentase sebesar 60,28 persen. Sedangkan pasangan H David Hadrianto – H M Eduar Kohar memperolehn 46.971 suara atau dengan persentase 34,79 %, lalu pasangan H Yulizar Dinoto – H Kison Syahrin memperoleh 6.652 suara dengan persentase 4,93 %.

Ketua KPUD Empat lawang Mobius alhazan,SP mengatakan bahwa proses penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan telah selesai dan dilaksanakan secara tertib dan lancar.

“Telah kita jalankan, kita saksikan bersama, dan juga hasil rekapitulasi dari perhitungan surat suara pemilihan umum ini telah diselesaikan dengan baik,” katanya

Dirinya menyampaikan ucapan trimakasih kepada pihak keamanan yang senantiasa melakukan penjagaan dan pengawalan selama poses rapat pleno terbuka berlangsung.

Dan juga terimakasih kepada para panitia, para saksi dari masing-masing paslon dan tamu undangan lainnya karena telah mengikuti jalannya rapat pleno terbuka ini dengan tertib.

“Syukur alhamdulilah semuanya berjalan dengan Tertib dan lancar,terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik kepada pasangan calon, para pendukung paslon, aparat TNI dan Polri, dan khususnya kepada para masyarakat Empat Lawang hingga pelaksanaan tahapan Pemilukada sukses diselenggarakan,” tandasnya.

Sekedar informasi, hasil rekapitulasi akhir perhitungan surat suara KPU Empat Lawang menyatakan secara rinci jumlah keseluruhan surat suara dari setiap kecamatan bagi masing-masing paslon Cabup dan Cawabup Empat Lawang tahun 2018. (Mg14).

 

Adapun jumlah keseluruhan dari total Hasil Penghitungan rekapitulasi surat suara, dari mulai TPS, DPT, surat suara baik yang dinyatakan sah dan tidak sahnya adalah sebagai berikut :

 

*Jumlah TPS :* 545 TPS

*Jumlah DPT :* 195373

Surat Suara Sah : 135019 Suara

Surat Suara Tidak Sah : 4382 Suara

Jumlah Sah + Tidak Sah : 139401 Suara

Paslon No Urut 1 H. DAVID HADRIANTO ALJUFRI, SH dan H. M. EDUAR KOHAR, SE.,MM : sebanyaj 46.971 suara

Paslon No Urut 2 H. JONCIK MUHAMMAD, S,Si.,SH.,MH.,MM dan YULIUS MAULANA, ST : sebanyak 81.396 suara

Paslon No Urut 3 H. YULIZAR DINOTO, SH dan H. Drs. KISON SYAHRIN, MM : sebanyak 6.652 Suara.

Sumber KPUD Empat Lawang

BACA JUGA